Share

Terima Rp647 Juta dari Anak Terdakwa Korupsi, Siwi Akui untuk Perawatan Kecantikan di Korea

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 11 Mei 2022 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 337 2592464 terima-rp647-juta-dari-anak-terdakwa-korupsi-siwi-akui-untuk-perawatan-kecantikan-di-korea-Nv2DXUyeab.jpg Eks pramugari cantik Siwi Widi usai sidang kasus pajak. (MPI/Arie Dwi Satrio)

JAKARTA - Mantan pramugari cantik maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia, Siwi Widi Purwanti mengakui pernah menerima uang dari M Farsha Kautsar senilai Rp647 juta. Uang pemberian dari anak kandung dari mantan pejabat pajak terdakwa kasus suap, Wawan Ridwan, itu digunakannya untuk jalan-jalan hingga perawatan kecantikan di Korea. 

 Siwi mengaku menerima uang dari Farsha Kautsar saat bersaksi di sidang lanjutan perkara dugaan suap terkait rekayasa nilai pajak sejumlah perusahaan besar dengan terdakwa Wawan Ridwan dan Alfred Simanjuntak. Siwi menceritakan awal mula perkenalannya dengan putra kandung Wawan Ridwan.

"Benar (menerima Rp 647 juta dari Farsha)," kata Siwi saat bersaksi di sidang lanjutan perkara dugaan suap terkait rekayasa nilai pajak sejumlah perusahaan besar dengan terdakwa Wawan Ridwan dan Alfred Simanjuntak di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (10/5/2022).

Ia pun menceritakan awal mula kedekatannya dengan Farsha. Saat berkenalan, Farsha mengaku sebagai pengusaha.

"Waktu itu saya jadi teman dekatnya Farsha, waktu itu Farsha mengenal saya mengaku berusia 28 tahun sebagai pengusaha, bukan mahasiswa," ujar Siwi.

Dari sana, Siwi mengaku Farsha mencoba melakukan pendekatan. Ia juga mengakui Farsha membayar keperluannya.

"Dia (Farsha) mencoba mendekati saya. Dan ada obrolan dimana dia mencoba mencari perhatian pada saya dengan membayarkan sesuatu untuk saya," imbuhnya.

Mendengar kesaksian Siwi, seorang Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengonfirmasi keterangan eks pramugari itu yang pernah dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Dalam BAP tersebut, Siwi mengaku uang Rp647 juta dari Farsha digunakan untuk jalan-jalan, membeli jaket merek Gucci, hingga perawatan kecantikan di Korea.

"Ya, seingat saya begitu," kata Siwi mengamini pernyataan jaksa soal BAPnya.

Ia mengklaim hanya menerima uang dari Farsha tanpa mengetahui asalnya. Namun, sepengetahuan Siwi, Farsha mempunyai sebuah usaha. Siwi menduga uang tersebut berasal dari usaha Farsha. "Dari uangnya sendiri," katanya.

Siwi mengaku telah mengembalikan uang tersebut ke lembaga antikorupsi. Siwi mengembalikan uang tersebut sekira pada November-Desember 2021. Saat itu namanya pernah terungkap dalam dakwaan Wawan Ridwan.

Sebagaimana diketahui, terungkap adanya aliran dana dugaan pencucian uang Wawan Ridwan untuk sejumlah pihak. Salah satu yang kecipratan uang diduga hasil suap Wawan Ridwan yakni, mantan pramugari cantik PT Garuda Indonesia, Siwi Widi Purwanti.

Demikian terungkap dalam surat dakwaan yang disusun tim jaksa KPK terhadap Wawan Ridwan. Dalam surat dakwaan Wawan Ridwan, terungkap adanya transfer uang sebanyak 21 kali kepada Siwi Widi dengan nilai total keseluruhan sebesar Rp647.850.000 (Rp647 juta).

Siwi Widi disebut-sebut merupakan teman dekat dari anak kandung Wawan Ridwan, Muhammad Farsha Kautsar. Farsha Kautsar sendiri didakwa turut bersama-sama dengan ayahnya, Wawan Ridwan melakukan pencucian uang.

Uang yang disamarkan atupun dialirkan Wawan Ridwan diduga berasal dari suap dan gratifikasi terkait pengurusan rekayasa nilai pajak para wajib pajak. Wawan didakwa bersama sejumlah pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah menerima suap miliaran rupiah terkait rekayasa nilai pajak.

Sementara itu, nama Siwi Sidi sendiri tidak asing. Namanya pernah menjadi perbincangan publik karena salah satu postingan akun twitter @digeeembok. Pemilik akun tersebut menyebut Siwi Widi sebagai wanita simpanan atau 'gundik' salah satu petinggi di PT Garuda Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini