Share

Puncak Arus Balik Program Mudik Gratis Diprediksi Jumat Pekan Ini

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 11 Mei 2022 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 337 2592183 puncak-arus-balik-program-mudik-gratis-diprediksi-jumat-pekan-ini-i93d0Vhull.jpg Mudik gratis (Foto: Carlos Roy Fajarta)

JAKARTA - Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Capt Wisnu Handoko memprediksi puncak arus balik program mudik gratis dengan sepeda motor menggunakan kapal laut Idul Fitri 2022 akan terjadi pada Jumat 13 Mei 2022.

"Ada dua gelombang, yang kedua dengan kapal Dobonsolo pada hari Jumat nanti, tanggal 13 Mei 2022, selisih dua atau tiga hari. Prediksi kami akan lebih banyak daripada hari ini," ujar Wisnu Handoko, di Terminal Penumpang Nusantara Pura II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Rabu (11/5/2022) pagi.

"Karena pemudik ini hanya ingin lebih lama di rumah (kampung halaman)," tambah Wisnu Handoko.

BACA JUGA:Usai Mudik Lebaran, Pemkot Jakpus Minta RT dan RW Data Pendatang Baru 

Ia mengungkapkan, untuk program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut pada tahun 2022 ini, meskipun dipersiapkan secara singkat namun bisa dikatakan hasilnya cukup baik.

"Karena ini menyasar mereka pemudik sepeda motor dengan tujuan Semarang dan Surabaya. Jumlah ini mencapai harapan yang kita ingin capai," kata Wisnu Handoko.

Sebagaimana diketahui, ratusan pemudik gratis dengan sepeda motor yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur kembali ke Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan kapal KM Ciremai yang tiba di dermaga Nusantara Pura II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Menurut hasil pengamatan MNC Portal di lokasi, tampak pemudik sudah tiba dan turun dari KM Ciremai sejak Pukul 07.30 WIB. Mereka diminta terlebih dahulu turun bersama anggota keluarganya dan menurunkan barang-barang bawaannya.

Barang-barang mereka kemudian dilakukan pemeriksaan oleh petugas terkait dengan menggunakan mesin sinar X-Ray untuk mencegah ada barang-barang terlarang.

BACA JUGA:Terjerat Hutang Rentenir, Nenek Ini Gantung Diri saat Anaknya Mudik 

Setelah menunggu di ruang terminal penumpang mereka kemudian diarahkan menunggu ke bagian outdoor Terminal Penumpang dimana sejumlah kendaraan mereka sudah diturunkan oleh petugas dari operator pelabuhan.

Tampak anggota kepolisian dari Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Syahbandar, Pelindo, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, serta Pelni Tanjung Priok.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini