Share

Kemenag Minta Kemenkes Percepat Vaksinasi Jamaah Haji

Widya Michella, MNC Media · Selasa 10 Mei 2022 23:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 10 337 2592035 kemenag-minta-kemenkes-percepat-vaksinasi-jamaah-haji-GOjCxwD5Hp.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dirjen PHU Kemenag RI, Hilman Latief meminta Kemenkes mempercepat dan mensosialisasikan pemberian vaksin kepada jamaah haji 1443 HijrIah.

Kemenag juga meminta Kemenkes untuk menyusun skenario pemberian PCR dengan hasil negatif Covid-19 72 jam sebelum jamaah berangkat ke Arab Saudi.

"Kemenkes bisa mempercepat pemberian vaksin dosis lengkap kepada jamaah,” kata Hilman dikutip dalam keterangannya resminya, Selasa,(10/05/2022).

Hilman berharap agar Kemenkes bisa menyusun skenario tersebut sehingga jamaah haji saat keberangkatan ke Tanah Suci sudah keluar hasil PCR negatifnya.

“Kemenkes juga harus menyusun skenario pemberian PCR 72 jam dengan hasil negatif sebelum jemaah diberangkatkan, sehingga saat keberangkatan ke Tanah Suci sudah klir,” kata dia.

Baca juga: Catat! Ini Tanggal Konfirmasi Keberangkatan Jamaah Haji Indonesia 2022

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes dr. Budi Sylvana juga meminta kepada Ditjen PHU agar dibuatkan surat ederan (SE) pemberian vaksin kepada calon jamaah haji. Menurutnya dengan adanya SE tersebut bisa mempercepat pemberian vaksin covid-19 dan vaksin meningitis.

Baca juga: Cek Daftar Jamaah yang Berhak Berangkat Haji 2022, Klik Linknya di Sini

“Di lapangan jamaah haji sering meminta apakah ada surat edaran dari Kemenag terkait pemberian vaksin tersebut,” ujar Budi.

Pada kesempatan itu juga, Kemenag dan Kemenkes juga telah menyepakati melaksanakan vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu syarat penerbitan Surat Panggilan Masuk Asrama (SPMA) bagi jamaah haji.

Baca juga: Kemenag Rilis Jemaah Haji Berhak Berangkat, Dirjen PHU: Persiapkan Diri dan Segera Konfirmasi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini