Share

Presiden Jokowi Minta Antisipasi Karhutla saat Musim Kemarau, Ini Langkah Polri

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 10 Mei 2022 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 10 337 2591808 presiden-jokowi-minta-antisipasi-karhutla-saat-musim-kemarau-ini-langkah-polri-YoS8fqkmYe.jpg Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto. (iNews)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta untuk mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di musim kemarau.

Terkait hal itu, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto mengungkapkan, pimpinan Korps Bhayangkara akan memberikan sanksi berat hingga pencopotan Kapolda apabila satuan kewilayahan tak melakukan antisipasi karhutla.

"Arahan Bapak Kapolri dan juga stresing (penekanan) dari Bapak Presiden terkait karhutla kan berat. Kapolda dan Pangdam bisa dicopot kalau tidak melakukan langkah-langkah antisipasi kejadian karhutla di wilayahnya masing-masing," kata Agus saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Menurut Agus, pihaknya sudah melakukan monitoring sebagai langkah antisipasi karhutla sejak lama. Ia menyatakan, terdapat aplikasi yang telah diluncurkan sehingga pemantauan dapat dilakukan setiap hari.

Agus menyebutkan, hingga saat ini belum ditemukan gangguan asap di sekitar wilayah di Indonesia akibat karhutla.

"Setiap hari laporan Satwil jajaran terkait antisipasi terjadinya karhutla juga kami terima setiap hari," ujar Agus.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk mewaspadai datangnya musim kemarau. Jokowi juga meminta masyarakat berhati-hati akan efek yang ditimbulkan seperti kebakaran hutan dan lahan.

"Hati-hati mengenai musim kemarau, hati-hati mengenai kebakaran hutan dan lahan," ujar Jokowi dalam memberikan pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna, Senin (9/5/2022).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini