Share

Gandeng Akademisi, Pengamat: Partai Perindo Jadi Sentrum Lahirnya Gagasan & Ide Progresif

Tim Okezone, Okezone · Senin 09 Mei 2022 22:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 337 2591446 gandeng-akademisi-pengamat-partai-perindo-jadi-sentrum-lahirnya-gagasan-ide-progresif-BmqJ4zbpYr.jpeg Trunojoyo Madura. (Foto: Dok Pribadi)

JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) terus melebarkan sayap dengan mengandeng kalangan akademisi untuk didapuk menjadi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Pemilu 2024 dari partai berlambang burung Garuda mengepakkan sayap tersebut.

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdus Salam menuturkan langkah Partai Perindo mengandeng kalangan akademisi diharapkan akan memperkuat kiprah Partai Perindo di dalam memproduksi wacana-wacana progresif solutif untuk membangun bangsa dan deseminasi pemikiran-pemikiran berkemajuan.

"Saya pikir dengan memberikan kesempatan kepada para akademisi untuk bisa bergabung, akan menguatkan positioning Partai Perindo di dalam memproduksi wacana progresif solutif," kata Surokim, Senin (9/5/2022).

Selain itu, dengan bergabungnya para akademisi akan memperbanyak serta menguatkan peran dan kontribusi Partai Perindo di dalam memproduksi isu-isu publik dan menjadi solusi mutakhir yang relevan.

"Dengan demikian Partai Perindo akan dikenal sebagai partai para pemikir berkemajuan. Partai Perindo harus dikenal melalui gagasan kritis progresifnya sehingga bisa menarik swing voters dan undecided voters," imbuh Dosen Ilmu Komunikasi sekaligus Dekan FISIP Universitas Trunojoyo Madura ini.

Baca juga:  Dituduh Sebagai Anggota HTI, Ketua DPD Perindo Kota Malang: Saya Sangat Dirugikan

Diakuinya Partai Perindo butuh penguatan pada sektor ini agar isu-isu publik kian kuat dan relevan berasal dari gagasan Partai Perindo.

"Dengan strategi ini, Partai Perindo akan menjadi sentrum lahirnya gagasan dan ide-ide progresif untuk kemajuan bangsa melalui perjuangan isu-isu publik lebih intens dan masif," jelas Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC) ini.

Bergabungnya para akademisi harus menjadi pelecut bagi Partai Perindo untuk lebih aktif khususnya dalam pemikiran dan produksi isu-isu publik.

Dengan demikian, Partai Perindo bisa dikenal lebih luas dan hadir disaat masyarakat butuh penguatan dan solusi berkelanjutan.

"Dengan langkah ini, Partai Perindo akan terus eksis dan harus mewarnai serta kontributif dalam pertempuran udara," ungkapnya.

Sebagaimana diberitakan, Ketua DPP Partai Perindo Bidang Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Yerry Tawalujan menghadiri rapat terbatas dengan 15 anggota bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang terdiri dari berbagai macam gelar akademik.

Yerry menuturkan, dalam pertemuan yang terdiri dari 15 orang tersebut tidak hanya dari akademisi saja. Pengusaha juga ikut tertarik bergabung bersama Partai Perindo.

"Mereka tertarik untuk caleg lewat Partai Perindo. Kemudian ada pengusaha-pengusaha dan eksekutif dan ini kami datangi ada 15 bakal caleg tingkat DPR RI," jelasnya.

Pertemuan ini dilakukan sebagai langkah Partai Perindo yang ramah akan akademisi. Yerry mengatakan, pertemuan tersebut berkoordinasi dengan anggota Gerakan Kasih Indonesia (Gerkindo).

Menurut Yerry, pertemuan tersebut menunjukkan banyaknya ketertarikan dari tokoh-tokoh akademisi.

"Menariknya, para bakal caleg ini berasal dari berbagai latar belakang, ada akademisi, Profesor, dokter, Guru Besar hingga aktivis politik," ujar Yerry usai menggelar rapat terbatas di Matraman, Jakarta Timur, Kamis (28/4/2022) lalu.

(qlh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini