Share

4 Kecelakaan di Tempat Wisata saat Libur Lebaran, Tetap Hati-Hati!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 10 Mei 2022 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 337 2591402 4-kecelakaan-di-tempat-wisata-saat-libur-lebaran-tetap-hati-hati-YWoMN6JshP.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Tempat wisata merupakan lokasi yang banyak dikunjungi orang untuk berekreasi dan mengisi libur Lebaran.

Berbagai taman rekreasi, kolam renang, hutan, air terjun, dan pantai akan disesaki hingga ribuan orang demi menikmati objek wisata yang ditawarkan.

Namun, ketika menikmati liburan di tempat wisata ini tak jarang terjadi kecelakaan yang menimpa para wisatawan. Berikut daftar kecelakaan tempat wisata yang terjadi di Indonesia saat musim libur Lebaran 2022.

1. Waterpark Kenjeran

Terjadi kecelakaan di tempat wisata Waterpark Kenjeran Surabaya. Insiden tersebut mengakibatkan 16 pengunjung menjadi korban dan mengalami luka-luka.

Peristiwa yang terjadi pada pukul 13.30 WIB ini bermula ketika sambungan perosotan air tersebut tiba-tiba ambruk dan jatuh ke bawah.

Ambruknya perosotan diduga karena material perosotan yang sudah lapuk dan pada saat yang sama terdapat beban yang berat. Pengunjung yang tengah berada di wahana tersebut lantas berjatuhan dari perosotan dengan ketinggian 10 meter.

Korban yang terluka segera dibawa ke RSUD Dr. Soewardhie dan RSUD Dr. Soetomo. Dari 16 korban tersebut, 8 di antaranya dibawa ke RSUD Dr. Soerwadhie dan sisanya dirawat di RSUD Dr. Soetomo.

2. Pantai Istiqomah

Kecelakaan terjadi di tempat wisata Pantai Istiqomah Desa Citepus, Sukabumi. Sebanyak 6 orang wisatawan digulung ombak saat tengah berada di laut pantai tersebut.

Rata-rata korban wisatawan itu berasal dari Jakarta dan Bekasi. Diketahui, ketika itu para korban sedang berenang di tepian Pantai Istiqomah.

Kemudian terbawa arus yang cukup kuat. Wisatawan lain yang melihat kejadian tersebut lantas meminta tolong pada polisi dan Balawista untuk menolong korban.

Setelah tim penolong diterjunkan, seluruh korban berhasil diselamatkan dan dibawa ke tepian pantai. Di tepian pantai para korban langsung diberikan pertolongan pertama oleh anggota Dit Polairud Polda Jabar, Satpolairud Polres Sukabumi serta Balawista.

3. Pantai Benawang

Kecelakaan di tempat wisata juga terjadi di Pantai Benawang, Pekon Walur, Kecamatan Pesisir Utara, Lampung. Seorang bapak dan anak yang tengah asyik mandi di pantai hilang karena terseret ombak.

Kapolsek Pesisir Utara Heri Oktarino menuturkan bahwa saat itu Rahmat Budi Triono dan anaknya, Kayyisa (9), sedang berenang, namun tiba-tiba putrinya itu terseret arus ombak ke tengah laut.

Rahmat lantas langsung menyelamatkan buah hatinya itu. Namun ia justru tenggelam akibat kelelahan dan dinyatakan meninggal dunia.

Dalam insiden ini, jasad Rahmat berhasil segera ditemukan dan langsung dibawa ke rumah keluarganya. Namun, Kayyisa saat itu belum ditemukan. Setelah tiga hari hilang dan dalam proses pencarian oleh tim SAR gabungan, Kayyisa akhirnya ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

Tim SAR gabungan mencari dengan menggunakan teknik visual dari permukaan dengan radius pencarian 3 nouticel mile dari titik tenggelam kedua korban. Pada Jumat (6/5/2022) pukul 14.30 WIB, Kayyisa ditemukan dua kilometer dari titik awal menghilang.

4. Pantai Sikabau

Insiden yang terjadi di hari kedua Lebaran ini melibatkan tiga wisatawan yang terseret ombak. Peristiwa ini terjadi di tempat wisata Pantai Sikabau, Pasaman Barat, sekitar pukul 16.30.

Tiga wisatawan itu merupakan TY (23), A (50), dan F (42), yang merupakan satu keluarga. Mereka tengah mandi di pantai tersebut. Korban TY terlebih dahulu berenang di perairan kawasan pantai, namun tak lama ia terseret ombak.

Melihat TY akan tenggelam, dua orang anggota keluarga korban berinisial A dan F pun berusaha menolongnya. Sayangnya justru mereka justru ikut tenggelam karena terseret ombak. Wisatawan lain yang melihat kejadian itu lantas langsung berusaha menolong para korban.

Ketika ditemukan, ketiga korban tersebut sudah dalam kondisi tak bernyawa. Ketiganya lantas dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini