Share

Rindu, Mahfud MD Ziarah Makam Sang Ayah dan Sungkem ke Ibu

Riezky Maulana, iNews · Senin 09 Mei 2022 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 337 2590996 rindu-mahfud-md-ziarah-makam-sang-ayah-dan-sungkem-ke-ibu-YouKN60A4h.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (Foto : MPI/Istimewa)

JAKARTA - Dalam momentum Hari Raya Idulfitri dan mudik Lebaran, Menko Polhukam Mahfud MD menyempatkan diri untuk ziarah ke makam ayahnya di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Minggu 8 Mei 2022. Di sana, Mahfud juga mengenang kebiasaan yang dilakukan bersama sang ayah.

Dalam unggahan foto yang dibagikan melalui akun Twitternya, Mahfud terlihat mengenakan pakaian batik coklat motif tribal dengan kopiah menempel di kepala.

Dirinya terlihat duduk di sebuah kursi sambil menundukkan kepala seraya memanjatkan doa. Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini juga didampingi sang istri, Zaizatun Nihayati.

Adapun kebiasaan yang dimaksud Mahfud yakni sowan atau bersilaturrahmi ke pesantren-pesantren, khususnya di Madura. Dengan kegiatan itu, banyak berkah doa dimintakan dari sang Kiai.

"Sebelum Ramadan saya sudah berziarah ke makam ayahku, tapi hari ini saya berziarah lagi ke sana. Saat aku kecil ayahku Mahmodin selalu mengajak ke pesantren-pesantren utk minta doa para kiai. Saya disekolahkan sampai ke universitas," tulis Mahfud, dikutip, Senin (9/5/2022).

Bagi Mahfud, berdoa memang bisa saja hanya dari rumah. Namun, dikarenakan adanya rasa rindu kepada asang ayah, dia menyempatkan diri untuk berziarah.

"Berdoa memang bisa dari rumah tapi saya selalu mengunjungi makam ayah karena rindu," jelasnya.

Di hari yang sama, Mahfud juga mengunjungi ibunya, Siti Khadidjah untuk sungkem. Mahfud menilai, ibunya merupakan sosok yang selalu memberikan semangat dan optimisme.

"Hari ini saya juga sungkem di pangkuan ibuku Khadijah. Ibuku selalu memberi semangat dan optimisme," ucapnya.

Setelah selesai dan hendak menaiki mobil, kata Mahfud, ternyata ibunya menghampirinya lagi. Mahfud dititipkan pesan agar tidak pernah meninggalkan salat 5 waktu.

"Setelah saya masuk mobil, saya dikejar lagi dan dipeluk sambil berdoa dan berpesan, 'jangan lupa sholat, sy selalu berdoa utukmu'," ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini