Share

Hindari Macet Arus Balik Gentong-Limbangan, Berikut Ini Jalur Alternatifnya

MNC Portal, · Kamis 05 Mei 2022 23:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 05 337 2589763 hindari-macet-arus-balik-gentong-limbangan-berikut-ini-jalur-alternatifnya-ClOcBx4RQS.jpg Jalur alternatif Tasik-Panjalu-Cikijing-Majalengka (Foto : MPI)

JALUR Tasik-Bandung-Jakarta bisa dikatakan jalanan “horor” bagi pemudik. Jalur ini menjadi “neraka” setiap tahunnya bagi mereka yang melakukan perjalanan mudik dari Jakarta Tasik, Bandung Tasik atau sebaliknya dari Tasik-Ciamis menuju Bandung, atau Jakarta.

Tol yang akan menghubungkan Bandung jalur selatan yang akan melintas Garut-Tasikmalaya hingga saat ini belum terealisasi. Dampaknya, pemudik harus berjibaku hingga 12-14 jam untuk menempuh jarak 70 KM Bandung-Tasikmalaya.

“Saya jam 03.00 subuh sudah berada di Limbangan, baru sampai Ciawi jam 11 siang, tujuan Kota Tasikmalaya, ini pun masih terjebak macet," ujar Sudrajat salah seorang pemudik dari Jakarta yang memilih melakukan perjalanan mudik di H+2 Lebaran.

Tentu, Sudrajat tidak sendirian, banyak ribuan pemudik lain yang terjebak kemacetan. Saat arus balik jalur Limbangan-Gentong ini semakin menumpuk karena pertemuan antara wisatawan yang akan menuju Pantai Pangandaran dan arus balik menuju Bandung maupun Jakarta. Perjalanan pun bisa ditempuh lebih dari 14 jam.

Jalur Alternatif

Lantas, mana jalur Alternatif yang bisa jadi plihan? Untuk para pemudik yang akan menuju Bandung atau Jakarta ada beberapa pilihan.

Pilihan pertama, untuk menuju Bandung, pemudik bisa melalui Singaparna, Kampung Naga, Garut, Leles dan kemudian tembus Nagreg-Bandung. Jalur ini bisa dikatakan pilihan yang juga akan bertemu dengan kemacetan tapi relatif lebih aman dan bisa ditempuh dalam waktu 6 jam menuju Bandung.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Pilihan Kedua, untuk menuju Bandung-Jakarta pemudik bisa menggunakan jalur tengah. Dari arah Rajapolah dan Ciamis-Cihaurbeuti, pemudik bisa ambil kiri ke arah Panjalu. Jalur ini relatif sepi, jalanan juga sudah bagus. Jalan yang akan dilalui di jalur ini; Panumbangan- Panjalu-Cikijing-Majalengka.

Nah, sesampai di Majalengka, tipsnya, pemudik bisa cek rute tercepat. Apakah bisa masuk pintu Tol Ciperna, Cirebon, Pintu tol Sumberjaya Majalengka atau Kertajati. Jaraknya sekitar 40-45 KM dan bisa ditempuh 1,5 jam dalam situasi normal.

Pengalaman tim MNC Portal yang melalui jalur ini, Kamis (5/5/2022) siang, dari Tasikmalaya menuju Jakarta cuma ditempuh 5,5 jam. Selamat mencoba.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini