Share

Hepatitis Akut Misterius Renggut 3 Anak di Indonesia, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Kevi Laras, MNC Portal · Kamis 05 Mei 2022 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 05 337 2589585 hepatitis-akut-misterius-renggut-3-anak-di-indonesia-ini-penyebab-dan-cara-mencegahnya-U1HdzqJW7g.jpg Ilustrasi hepatitis pada anak (Foto: Reuters)

JAKARTA - Penyakit Hepatitis akut misterius menyasar anak-anak di dunia menjadi perhatian publik, hingga memicu kekhawatiran. Melihat perkembangan kasus yang telah masuk ke Indonesia, dokter anak mengungkapkan penyebab hingga cara pencegahan hepatitis akut tersebut.

Hepatitis akut misterius di Indonesia telah merenggut 3 nyawa anak-anak. Ketiga pasien anak itu, dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta dan belum diketahui penyebabnya meninggal dunia, dalam kurun waktu berbeda dengan rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

"Ada isu atau berita kalau kejadian ini dihubungkan dengan vaksin Covid-19. Itu tidak benar, karena kejadian Hepatitis akut ini tidak ada bukti bahwa ada hubungan dengan vaksin Covid-19," ujar Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp.A (K), Dokter Anak konsultan Gastrohepatologi dalam Update Perkembangan Kasus Hepatitis Akut di Indonesia secara online, Kamis (5/5/2022)

Baca juga:  Heboh! Hepatitis Akut Anak Dikaitkan Vaksin Covid-19, Ini Penjelasan Dokter Anak

Menurutnya kondisi adanya penyakit Hepatitis akut misterius yang bersamaan dengan Covid-19, jadi pemicu masyarakat beranggapan adanya keterkaitan. Sebab situasi sama tidak menjamin adanya kaitan secara langsung.

Baca juga: Hepatitis Akut Merenggut 3 Anak di Indonesia, Ada Kasus Lain di Daerah? Begini Penjelasan Dokter Anak

Saat ini, muncul dugaan ada virus menjadi penyebab, adanya Hepatitis akut misterius pada anak di tengah pandemi Covid-19. Virus yang diduga berperan yaitu Adenovirus 41, SARs-COV-2,dll, di mana penularannya melalui saluran pencernaan dan pernafasan.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"Karena itu virus Covid-19 dengan penyakitnya (Hepatitis akut) saja belum bisa ditentukan (masih diselidiki), apa lagi dengan vaksin Covid-19nya," sambungnya

  • Pencegahan Hepatitis Akut Misterius

Dalam penjelasannya, Hanifah menerangkan ada beberapa cara mencegah infeksi saluran cerna dan nafas. Menurutnya, virus yang menyerang saluran cerna bisa dicegah dengan menjaga kebersihan tangan dan menjaga asupan yang dikonsumsi.

"Dari saluran nafas kita bisa melakukan tindakan cuci tangan terutama saat makan dan minum. Memastikan makanan/minuman matang dan tidak menggunakan alat makan bersamaan, serta menghindari kontak dengan kontak orang sakit," jelas Dr Hanifah

Sementara, untuk mencegah infeksi virus dari saluran pernafasan, sebagai orang tua bisa menjaga protokol kesehatan Covid-19. Dengan memakai masker, menjaga jarak,dll adalah aturan jadi kebiasaan selama pandemi Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini