Share

Antisipasi Kepadatan Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni, Menhub: Beli Tiket Jauh Hari secara Daring!

Azhfar Muhammad, MNC Portal · Rabu 04 Mei 2022 07:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 04 337 2589037 antisipasi-kepadatan-arus-balik-di-pelabuhan-bakauheni-menhub-beli-tiket-jauh-hari-secara-daring-S4edBRBT0x.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik yaitu tol Semarang-Jakarta, dan penyeberangan Bakauheni-Merak.

Ia pun mengimbau agar masyarakat untuk bisa pulang lebih awal sebelum puncak arus balik yang diprediksi akan terjadi pada 6, 7, dan 8 Mei 2022. Terlebih di sektor penyeberangan kerap terjadi penumpukan kendaraan yang sangat padat.

“Untuk mengantisipasi arus balik di sektor penyeberangan (Bakauheni-Merak), sejumlah antisipasi telah disiapkan. Kami mengimbau masyarakat untuk membeli tiket jauh hari sebelum keberangkatan secara daring,” kata Menhub Budi Karya Sumadi keterangan resmi, Rabu (4/5/2022).

Menurut Budi, langkah tersebut dapat meminimalisir antrean tiket dan menghindari terjadinya penumpukan kendaraan di area pelabuhan seperti yang terjadi pada arus mudik kemarin.

Baca juga: Puncak Arus Balik 6-8 Mei, Menhub: Waspadai Tol Semarang-Jakarta dan Penyeberangan Bakauheni

“Selain itu, sejumlah dermaga tambahan masih terus dioperasikan seperti yang dilakukan pada arus mudik. Dari arah Sumatera, Pelabuhan Panjang di Lampung akan dimaanfaatkan untuk kendaraan besar seperti truk pengangkut barang,” tambahnya.

Ia menambahkan bahwa Pelabuhan Bakauheni bisa memuat lebih banyak kendaraan lainnya seperti mobil, bus, dan sepeda motor.

Baca juga: Jika Rest Area Penuh, Menhub Imbau Pemudik Keluar Tol Cari Tempat Istirahat

“Begitupun di Merak, Pelabuhan Ciwandaran dan Indah Kiat akan terus dioperasikan untuk memecah kepadatan arus balik menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak,” ungkapnya.

Budi mengingatkan agar masyarakat untuk selalu mengupdate informasi terkini dari media sosial resmi milik operator jalan tol maupun kepolisian, sehingga mengetahui informasi terkait rekayasa lalu lintas yang sedang diterapkan pada saat itu.

“Mohon kepada masyarakat untuk mengikuti imbauan-imbauan yang sudah disampaikan, agar perjalanan balik lebih nyaman,” pungkasnya.

Baca juga: Menhub Ungkap Dua Titik yang Berpotensi Kemacetan saat Arus Balik Lebaran 2022

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini