Share

Deretan Perjalanan Ibadah Haji Presiden Indonesia, Dari Soekarno hingga Jokowi

Tim Okezone, Okezone · Rabu 04 Mei 2022 07:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 03 337 2588990 deretan-perjalanan-ibadah-haji-presiden-indonesia-dari-soekarno-hingga-jokowi-SDoASYCMFQ.jpg Jokowi dan Iriana melaksanakan ibadah haji pada 2003 silam (Foto: Instagram Jokowi)

JAKARA - Ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat Islam bila mampu melaksanakannya, termasuk oleh Presiden.

Berikut deretan ibadah haji yang dilaksanakan Presiden Indonesia mulai dari Soekarno hingga Joko Widodo (Jokowi) yang dirangkum tim litbang MPI, Rabu (4/5/2022).

1. Soekarno

Presiden pertama RI, Soekarno menunaikan ibadah haji di tahun 1955. Ia dan rombongan berangkat pada Juli 1955 dan harus menempuh perjalanan panjang menggunakan pesawat.

Tak tanggung-tanggung, waktu tempuh ketika itu bisa mencapai 6 hari. Lamanya waktu yang diperlukan karena pesawat harus transit di banyak negara, seperti Thailand, Singapura, India, Irak, Mesir dan Uni Emirat Arab.

Baca juga: Daftar Kuota Haji 2022 per Provinsi Sudah Ditetapkan, Jabar Paling Banyak 17.679 Orang

Ketika menunaikan ibadah haji, ia menyampaikan kepada pemerintah Arab Saudi untuk memperbesar Masjidil Haram. Hal itu dikatakannya agar keamanan para jamaah meningkat. Menurutnya, wilayah Masjidil Haram masih bisa diperbesar lagi, sehingga dapat menampung jamaah yang lebih masif.

Baca juga: Haji 2022, Menag Yaqut Sortir Jamaah Tertunda Berdasarkan Usia

2. Soeharto

Pak Harto dan keluarganya tiba di Tanah Suci pada 17 Juni 1991. Ketika itu ia disambut oleh Pangeran Majid bin Abdul Azis yang menjabat sebagai Gubernur Mekah.

Sebelum benar-benar menjalankan ibadah haji, ia terlebih dahulu berkunjung dan berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW, Umar bin Khattab dan Abu Bakar. Selama di sana, Soeharto mendapat pengawalan dari tentara kerjaan Arab Saudi.

Uniknya, saat tiba di Tanah Air usai berhaji, Soeharto lebih senang jika dipanggil dengan Haji Mohammad Soeharto. Sedangkan, sang istri mendapat pemberian nama dari Raja Fahd, yakni Hajah Siti Fatimah Hartinah Soeharto.

3. Gus Dur

Abudrrahman Wahid atau Gus Dur, presiden ke-4 Indonesia, berangkat untuk ibadah haji bersama rombongannya pada bulan Februari 2001.

Dikutip dari berbagai sumber, ada 2 kloter rombongan yang ikut bersamanya. Masing-masing rombongan berisi sekitar 30 orang, yang terdiri dari tokoh-tokoh besar NU dan beberapa menteri.

Baca juga: Makna Mendalam Sarung Motif Batik Presiden Jokowi, Ternyata Mengandung Unsur Magis

4. Megawati Soekarnoputri

Puteri Presiden Soekarno, yang juga Presiden ke-5 RI, Megawati menjalankan ibadah haji pada Oktober 2012 besama keluarganya.

Keputusan Mega untuk beribadah haji bukan merupakan undangan dari pemerintah Saudi. Melainkan, memang murni dari keinginan ia dan keluarga. Selain itu, Mega juga memantau berjalannya ibadah haji pada tahun itu.

Baca juga: Biaya Haji 2022 Diumumkan Hari Ini, Diperkirakan Kurang dari Rp40 Juta!

5. Joko Widodo

Jauh sebelum menjadi orang nomor 1 di Tanah Air, Joko Widodo (Jokowi) sudah berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji. Bersama dengan sang istri, Iriana, ia beribadah haji di tahun 2003.

Jika dilihat dari unggahan foto di akun Instagram miliknya pada 9 Agustus 2018, Jokowi merasakan betul bahwa fasilitas yang diberikan pemerintah Indonesia kepada para jamaah haji sudah sangat mumpuni. Mulai dari makanan, tempat tinggal, angkutan, sampai pelayanan kesehatan dan bimbingan ibadah.

Melihat hal itu, maka sebagai Presiden, Jokowi juga memberikan pelayanan dan fasilitas maksimal kepada seluruh jamaah haji yang berangkat di tahun 2018, sehingga bisa lebih baik dibandingkan dengan pelayanan yang ia dapatkan di tahun 2003 silam.

Baca juga: Catat! 50.630 Jamaah Usia 65 Bakal Berangkat Haji Tahun 2022

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini