Share

Cegah Kemacetan saat Arus Balik, Jokowi Minta Ganjil-Genap hingga One Way Diberlakukan

Carlos Roy Fajarta, · Selasa 03 Mei 2022 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 03 337 2588867 cegah-kemacetan-saat-arus-balik-jokowi-minta-ganjil-genap-hingga-one-way-diberlakukan-nbjpeYhWD7.jpg Presiden Jokowi (Foto: Biro Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan pihaknya akan tetap memberlakukan tiga kebijakan untuk mengurai potensi kemacetan di puncak arus balik Idul Fitri yang diprediksi akan terjadi pada Jumat hingga Minggu, 6-8 Mei 2022 akhir pekan ini.

Hal tersebut disampaikannya dalam live streaming pernyataan Presiden terkait Arus Balik Lebaran di Gedung Agung, Istana Yogyakarta pada Selasa (3/5/2022) sore.

"Sekali lagi, pemerintah akan selalu berupaya yang terbaik untuk masyarakat termasuk mengatur arus balik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan," ujar Joko Widodo.

Ia menyebutkan tiga kebijakan yang akan diterapkan secara situasional oleh jajaran pemerintah terkait yakni Ganjil Genap (Gage), Satu Arah (One Way), dan larangan truk masuk tol.

Baca juga: Presiden Jokowi: Puncak Arus Balik pada 6-8 Mei 2022

"Kebijakan ganjil genap, aturan satu arah atau one way dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan, semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman. Demikian yang bisa saya sampaikan, terima kasih," kata Joko Widodo.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi menyebutkan mudik Lebaran tahun ini diikuti begitu banyak orang.

Baca juga: Pelabuhan Panjang Disiapkan Urai Kepadatan Arus Balik di Bakauheni

"Setidaknya 85,5 juta orang, 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini. Banyak sekali," kata Jokowi dalam akun media sosialnya.

Karena Jokowi mengimbau masyarakat yang mudik agar perjalanan kembali dari kampung halaman dilakukan lebih awal.

"Jangan bersamaan pada Sabtu atau Minggu untuk menghindari kemacetan di jalan tol, jalan nasional, maupun Pelabuhan di Merak-Bakauheni," pungkas Joko Widodo.

Baca juga: Imbau Pemudik Kembali Lebih Awal, Menhub: Puncak Arus Balik 7-8 Mei, Hindari Itu

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini