Share

Pelabuhan Panjang Disiapkan Urai Kepadatan Arus Balik di Bakauheni

Carlos Roy Fajarta, · Selasa 03 Mei 2022 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 03 337 2588855 pelabuhan-panjang-disiapkan-urai-kepadatan-arus-balik-di-bakauheni-EVKWJw4qsW.jpg Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Humas Kemenko PMK)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebutkan bahwa pihaknya mengantisipasi penumpukan kendaraan pemudik di Pelabuhan Bakauheni pada arus balik dengan membuka jalur alternatif penyebrangan dari Sumatera ke Jawa melalui Pelabuhan Panjang di Lampung.

Hal tersebut disampaikan Muhadjir Effendy saat memimpin rapat terkait rencana penggunaan dan lalu lintas Pelabuhan Panjang sebagai tambahan Pelabuhan Bakauheni dalam rangka antisipasi arus balik Idul Fitri 1443H secara virtual, Senin (2/5/2022).

Dikatakan Muhadjir, sejauh ini, rekayasa dan antisipasi dengan berbagai langkah sudah dilakukan untuk mengurai kepadatan. Namun jumlah arus balik dikhawatirkan akan melebihi angka mudik.

“Untuk itu, Pelabuhan Panjang bisa kita jadikan alternatif. Kita juga akan lakukan skenario untuk merespon perubahan perilaku pemudik tahun ini dibanding tahun 2019 sehingga penanganan kita bisa lebih cermat dan memuaskan bagi para pemudik,” kata Muhadjir Effendy.

Baca juga: Imbau Pemudik Kembali Lebih Awal, Menhub: Puncak Arus Balik 7-8 Mei, Hindari Itu

Menko PMK menyebut, informasi terkait penggunaan dan lalu lintas Pelabuhan Panjang sebagai tambahan Pelabuhan Bakauheni perlu diperjelas dan diintegrasikan. Sehingga nanti data dan informasinya hanya satu dan kedepan bisa mempermudah untuk mengambil keputusan lain.

“Lebih baik kita berlebih dalam menyiapkan skenario ini daripada kita mepet dan terjadi anomali yang tidak kita duga,” pungkas Menko PMK Muhadjir Effendy.

Baca juga: Sidak Pelabuhan Muara Angke, Menhub Dapati Kapal Tak Laik Berlayar

Sebagaimana diketahui sebelumnya telah terjadi fenomena lonjakan penumpang yang sangat tinggi pada arus mudik karena antrian angkutan penyebrangan pada Sabtu (30/4/2022) di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

Kemacetan horor di Pelabuhan Merak dialami pemudik di Kota Cilegon hingga mencapai 19 kilometer dengan rincian sepanjang 9 kilometer di dalam ruas tol Tangerang - Merak dan 10 kilometer di jalan arteri.

Dari catatan Kementrian Perhubungan, jumlah penumpang yang menggunakan angkutan penyebrangan melebihi penumpang di transportasi umum lain yakni mencapai 1,6 juta penumpang, baik itu di Pelabuhan Bakauheni maupun di Pelabuhan Merak.

Baca juga: Hindari Kepadatan Lalu Lintas, Pemudik Diimbau Balik Sebelum Tanggal 6 atau Setelah 9 Mei

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini