Share

Tradisi Warga Padang Lawas Utara Rayakan Hari Raya Idul Fitri

Abdul Rahman, iNews · Senin 02 Mei 2022 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 337 2588226 tradisi-warga-padang-lawas-utara-rayakan-hari-raya-idul-fitri-n20vPJWDTe.jpg Warga Padang Lawas Utara memiliki tradisi memasak lemang untuk disantap saat Idul Fitri. (Foto : iNews/Abdul Rahman)

PADANG LAWAS UTARA – Warga Desa Simanapang, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara, memiliki tradisi dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Warga Desa Simanapang, Batang Onang, pada hari terakhir penutupan puasa dan menyambut Hari Raya Idul Fitri, aktif melakukan tradisi masak lemang di setiap rumah tangga.

Acara masak lemang ini dilaksanakan setiap rumah tangga. Tradisi masak lemang ini sudah menjadi turun-temurun wajib dilaksakan setiap tahunnya umumnya di Padang Lawas Utara.

Selain itu, lemang merupakan makanan khas adat daerah tersebut. Lemang yang sudah matang akan di makan bersama baik saat berbuka puasa dan di Hari Raya Idul Fitri.

Menurut salah seorang warga, Juli Harahap, Minggu (1/5/2022), mereka sengaja masak lemang untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri guna makan bersama dengan keluarga dan menjalin keeratan persaudaraan.

Untuk memasak lemang ini terlihat mudah. Bahan-bahannya yang perlu disiapkan adalah bambu, santan kelapa, dan beras ketan dan garam.

Beras ketan dimasukkan ke dalam bambu sampai padat kemudian menyusul santan yang sudah diberi garam lalu dituangkan ke dalam bambu. Selanjutnya bambu dibakar atau dipanggang sampai matang.

Bambu yang berubah warna itu tanda lemang sudah matang. Lemang pun siap disajikan.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(erh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini