Share

Wapres KH Ma'ruf Amin Sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Ini Imam dan Khatibnya

Widya Michella, MNC Media · Minggu 01 Mei 2022 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 337 2588142 wapres-kh-ma-ruf-amin-sholat-idul-fitri-di-masjid-istiqlal-ini-imam-dan-khatibnya-xaVgdx8LBP.jpg Masjid Istiqlal. (Foto : Okezone/Dede Kurniawan)

JAKARTA - Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin akan melaksanakan salat Idul Fitri 1443H/2022M di Masjid Istiqlal. Untuk khatib, rencananya adalah Ketua BAZNAS, Noor Achmad.

Menurut Kasubag Hukum dan Kerjasama (Humas Protokol) Humas Masjid Istiqlal, Amaq Dalilah Saparwadi mengatakan, Noor akan menyampaikan materi tentang "Semangat Kerukunan Berbangsa dan Bernegara".

Selanjutnya, tahun ini yang menjadi imam shalat Idul Fitri 1443H adalah KH Hasanuddin Sinaga dan Badal Imamnya adalah Ustadz H Martomo Malaing.

"Bilal shalat idul Fitri 1443H, Ust Abdullah Sengkang Gurium dan Badal Bilal, Ust Muhammad Syawal Mubarok," kata Saparwadi kepada MNC Portal, Minggu (1/5/2022).

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan selalu Ketua Panitia Amaliah Ramadhan 1443 H, KH Bukhori Sail Attahiri mengatakan, pelaksanaan shalat tahun ini merupakan yang perdana pascapandemi Covid-19.

Dengan demikian, ia mengimbau jamaah terus menjaga protokol kesehatan (prokes) di Masjid Istiqlal sepeti memakai masker, mengecek suhu, memastikan diri dalam keadaan sehat, serta membawa sajadah pribadi.

"Mungkin bisa juga sajadah mini ya, untuk menahan tempat sujud supaya lebih aman juga guna mengantisipasi jika Lantai Utama Masjid Istiqlal sudah penuh kapasitasnya," kata KH Bukhori dikutip dalam keterangan resminya, Minggu (1/5/2022).

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Selanjutnya, KH Bukhori juga mengingatkan jamaah untuk datang lebih awal, sehingga bisa mendapatkan shaf shalat. "Kami memulai pelaksanaan ibadah shalat Idul Fitri 1443 H pukul 07.00 WIB," ujar dia.

Guna meminimalkan kerumunan di tempat penitipan sepatu dan sandal, KH Bukhori juga menyarankan para jamaah membawa plastik sebagai alas sandal pribadi. "Nah, membawa plastik ya untuk tempat sandal atau sepatunya, jadi lebih aman," katanya.

Terakhir, KH Bukhori mengimbau para jamaah agar senantiasa menjaga barang bawaan dengan rapi dan teliti. Sehingga pelaksanaan salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal dapat terselenggara dengan baik, tanpa ada suatu kekurangan apapun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini