Share

Demo May Day, Ini 2 Tuntutan Massa Buruh

Irfan Ma'ruf, iNews · Minggu 01 Mei 2022 07:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 337 2587946 demo-may-day-ini-2-tuntutan-massa-buruh-Cuk4uKG3zc.jpg Foto: Okezone

JAKARTA- Hari buruh atau yang biasa disebut My Day, jatuh pada hari ini 1 Mei 2022. Massa buruh akan menggelar aksi di depan kantor sekitar bundaran Hotel Indonesia (HI).

(Baca juga: Dikawal Ketat, Kapolda Metro Jalan Bareng Perwakilan Buruh ke Gedung MK)

Mereka menuntut agar pemerintah menurunkan harga bahan-bahan pokok dan menolak kenaikan pertalite dan gas elpiji 3 kg.

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal menyebut sejumlah organisasi buruh yang akan hadir di antaranya ORI KSPSI, KSPI, KPBI, KSBSI, SPI, dan 60 federasi serikat pekerja tingkat nasional serta forum guru honorer, konsorsoum miskin kota (UPC), JALA PRT, buruh migran, dan ojol.

Massa aksi buruh dan elemen yang lainnya berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang.

Said mengatakan dalam aksi yang rencananya akan digelar di bundaran HI akan menyuarakan 2 tuntutan.

Seruan pertama pertama menurunkan harga bahan-bahan pokok minyak goreng, daging, tepung dan lainya serta menolak kenaikan BBM Pertalite dan elpiji 3 Kg.

โ€œKarena selama 3 tahun, upah minimum riil buruh tidak pernah naik dan daya beli buruh merosot tajam sebesar 30 persen. Sehingga kenaikan harga bahan pokok, BBM, elpiji 3 Kg akan mencekik buruh dan rakyat kecil,โ€ kata Said Iqbal.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Dia menjelaskan tuntutan kedua ialah penolakan omnibus law UU Cipta kerja. Jika Pemerintah dan DPR memaksakan membahas kembali UU Cipta Kerja.

Maka bisa dipastikan Partai Buruh serta elemen serikat buruh dan organisasi kemasyarakatan yang lain akan melakukan mogok nasional."Mogok nasional yang diikuti jutaan kaum buruh,โ€ tegasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini