Share

Menko PMK Ungkap Penyebab Macet Parah di Merak: Datang Terlalu Awal hingga Tak Punya Tiket

Ravie Wardani, MNC Portal · Sabtu 30 April 2022 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 30 337 2587781 menko-pmk-ungkap-penyebab-macet-parah-di-merak-datang-terlalu-awal-hingga-tak-punya-tiket-RYEX4c745n.jpg Pelabuhan Merak dipadati pemudik. (Foto: Antara)

CILEGON - Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memaparkan beberapa penyebab kemacetan parah di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

Berdasarkan pantauan MNC Portal, Sabtu (30/4/2022) sore, pemudik terus memadati sejumlah dermaga Pelabuhan Merak.

Rupanya, ada beberapa faktor penyebab antrean mengular di area pelabuhan. Faktor kemacetab itu, kata Muhadjir, disebabkan oleh pemudik yang datang lebih awal dari jadwal keberangkatan kapal. Oleh karena itu, volume kendaraan kian meningkat sejak dimulainya arus mudik 2022 pada 29 April kemarin.

Baca juga: Kondisi Terkini Pelabuhan Merak, Kendaraan Padat Merayap Namun Tak Lagi Stuck

Bahkan, kemacetan di area pelabuhan juga berdampak di Gerbang Tol (GT) Jakarta-Merak.

"Kemarin yang bikin repot salah satunya mereka yang di sini padahal keberangkatan masih 9 jam lagi, atau banyak juga yang belum punya tiket," ujar Muhadjir Effendy kepada awak media, Sabtu (30/4/2022).

Lebih lanjut, Muhadjir menyarankan setidaknya para pemudik datang ke pelabuhan satu jam sebelum jadwal keberangkatan.

"Paling lama satu jam sebelum jadwal keberangkatan  itu sudah di sini. Jangan jauh sebelum itu sudah datang itu lah," katanya lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Muhadjir juga berpesan agar pemudik selalu menjaga ketertiban. Dia juga menekankan, pemudik harus memiliki tiket sebelum masuk ke pelabuhan. Hal ini untuk menghindari penghambatan laju kendaraan lantaran calon pemudik yang belum memiliki tiket kapal.

"Pesan saya, buat pemudik yang masih harus menyeberang mohon disiplin, tertib dan melihat tiketnya, jangan terburu-buru datang ke pelabuhan, tetapi juga jangan terlambat dan harus punya tiket sebelum masuk ke pelabuhan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini