Share

Deretan Ledakan Petasan Bikin Heboh di Indonesia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 30 April 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 29 337 2587319 deretan-ledakan-petasan-bikin-heboh-di-indonesia-cEbBkTXCsJ.jpg Petasan (Foto: Antara)

JAKARTA - Tidak hanya anak-anak kecil yang suka bermain dengan petasan, orang dewasa pun kerap merayakan selebrasi dengan menggunakan benda berdaya ledak rendah ini. Petasan digunakan di momen-momen tertentu. Bulan Ramadan salah satunya yang identik dengan petasan, terlebih lagi menjelang Hari Raya Idul Fitri. Namun, di balik meriah dan serunya petasan yang menimbulkan kebisingan ini, ada bahaya yang mengancam. Berikut sederet insiden memilukan yang terjadi akibat bermain petasan.

1. Bocah di Kediri Terluka Akibat Ledakan Petasan

Baru-baru ini, seorang bocah 9 tahun berinisial DAM mengalami luka bakar di tangan kanannya akibat ledakan petasan. Peristiwa ini terjadi pada hari Minggu (24/4/2022) di Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Kapolsek Ngadiluwih menjelaskan kronologi bahwa korban DAM pada hari Minggu pagi pergi keluar bersama teman-temannya menggunakan sepeda. Ketika berada di Jalan Kromosari, Desa Banjarejo, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, korban melihat ada orang yang sedang menyalakan petasan. Namun karena petasan tersebut tak kunjung menyala, korban DAM berinisiatif mengambil petasan tersebut. Alhasil, petasan itu tiba-tiba meledak di tangannya.

Baca juga: Tragedi Ledakan Petasan di Kudus, Polisi Sebut Korban Pesan 2,2 Kg Bahan Peledak

Akibatnya, tangan korban seketika mengalami luka yang sangat parah. Dia langsung dilarikan ke Rumah Sakit Simpang Lima Gumul. Kejadian itu terekam dalam sebuah video bertajuk Tragedi Jalan Kromosari yang tersebar luas di media sosial. Polisi kini melakukan penyelidikan mengenai siapa yang pertama kali membawa dan menyalakan petasan tersebut.

Baca juga: Cuaca Panas, Tumpukan Petasan di Lapak Pedagang Meledak

2. Tragedi Ledakan Petasan di Kebumen

Pada Rabu, 12 Mei 2015 di Trukan, Ngabean, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah terjadi sebuah insiden ledakan petasan. Ledakan tersebut terjadi di rumah seorang warga yang bernama Untung. Peristiwa tersebut mengakibatkan tiga orang tewas, sementara lima orang lainnya mengalami luka-luka.

Awal kejadiannya bermula saat ketujuh orang korban membuat petasan di rumah Untung pada hari Rabu itu pukul 16.00 WIB. Mereka berbagi tugas, beberapa orang menggulung kertas dan yang lain mengisi bubuk mercon ke dalam kertas. Lalu tepat pada 17.00 WIB, ledakan besar terjadi di rumah produksi petasan tersebut. Salah satu penduduk desa Mirit, Eko, mengatakan bahwa ledakan tersulut dari salah satu pembuat mercon yang merokok dan bara apinya mengenai bubuk mercon. Diduga mereka akan membuat sekitar 400 gulungan menggunakan 5 kilogram bahan peledak mercon.

3. Ledakan Petasan di Tulungagung

Tragedi ledakan petasan juga terjadi di Tulungagung, Jawa Timur, tepatnya di Desa Sukorejo Wetan, Kecamatan Rejotangan. Peristiwa tersebut terjadi pada Senin, 10 Mei 2021 malam. Akibat dari peristiwa ini, belasan pemuda mengalami luka bakar serius, sebagian dari mereka bahkan mengalami kritis. Semua korban dilarikan ke RUSD dr. Iskak Tulungagung.

Baca juga: Bubuk Petasan 1 Kg Meledak, Tembok Rumah Roboh dan Genting Hancur

4. Petasan Jumbo Meledak di Pekalongan

Pada 6 Mei 2021, petasan jumbo meledak di sekolah Madrasah Diniyah, Kelurahan Simbang Kulon, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Akibatnya, satu anak tewas dan empat orang luka-luka. Berdasarkan pernyataan Lurah Simbangkulon, Maladzi, awal mulanya ada lima orang bocah yang tengah membuat petasan di ruang kelas. Lalu terdengar suara ledakan yang dikira warga adalah trafo listrik meledak.

Baca juga: Jelang Lebaran, Yogyakarta Intensifkan Razia Petasan

Insiden petasan meledak ini membuat gedung sekolah mengalami kerusakan, kaca pecah, eternit hancur, dan beberapa bangku pun rusak. Diduga petasan memiliki ukuran cukup besar, panjangnya satu meter dengan diameter 25 cm dan bubuk petasan seberat 1 kg. Para korban yang mengalami luka-luka dirawat di RSUD Bendan Pekalongan.

5. Ledakan Pabrik Petasan di Tangerang

Peristiwa ledakan petasan paling nahas pernah terjadi di tahun 2017, tepatnya Kamis, 26 Oktober 2017. Tidak hanya menghebohkan Indonesia saja, dunia juga ikut syok. Pabrik petasan PT Panca Buana Cahaya Sukses di Desa Belimbing, Kecamatan Kosambi, Tangerang mengalami ledakan yang mengakibatkan 45 pekerja tewas, 4 lainnya meninggal setelah dirawat di rumah sakit, sementara puluhan pekerja mengalami luka bakar. Ada sekitar 103 karyawan yang bekerja di pabrik itu. Sekitar pukul 09.00 WIB, terdapat ledakan di bagian pengelasan yang berada tak jauh dari gerbang pintu utama. Ledakan-ledakan selanjutnya kemudian terjadi berturut-turut. Kejadian ini menyulut kebakaran yang besar hingga menutup pintu utama.

Para pekerja yang didominasi perempuan dan anak di bawah umur berlari menyelamatkan diri. Bahkan ada yang nekat menerobos api dan melewati tembok yang runtuh karena ledakan. Namun, tak sedikit pula yang tidak sempat menyelamatkan diri dan meninggal hangus dilahap api. Para pekerja dilarikan di tiga rumah sakit yakni RSIA Bun Kosambi, RS Mitra Husada, dan RSUD Kabupaten Tangerang. Pemilik pabrik petasan Kosambi, Indra Liyono, pun dipanggil dan diperiksa di Polsek Teluk Naga.

Baca juga: Edarkan Bahan Petasan, Pemuda Ini Ditangkap Polisi saat Transaksi

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini