Share

OTT KPK di Bogor Amankan 12 Orang, Termasuk Ade Yasin

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 27 April 2022 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 27 337 2586217 ott-kpk-di-bogor-amankan-12-orang-termasuk-ade-yasin-g1xMWcC5wV.jpg Bupati Bogor Ade Yasin (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri menginformasikan bahwa total ada 12 orang yang diamankan dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di daerah Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, 26 April 2022 hingga pagi tadi.

Satu dari 12 orang yang diamankan tersebut yakni, Bupati Bogor, Ade Yasin. Selain Ade Yasin, KPK juga mengamankan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jawa Barat.

"Sampai dengan saat ini KPK mengamankan 12 orang di antaranya Bupati Bogor, beberala orang pejabat dan ASN Pemkab Bogor serta beberapa pihak dari BPK perwakilan Jabar," kata Ali melalui pesan singkatnya, Rabu (27/4/2022).

Selain menangkap 12 orang, tim KPK juga mengamankan sejumlah uang yang saat ini masih dalam proses penghitungan. Uang itu diduga suap yang akan diberikan kepada Anggota BPK Jabar terkait pengurusan temuan laporan keuangan Pemkab Bogor.

"Dalam kegiatan tangkap tangan dimaksud juga ditemukan uang dalam pecahan rupiah yang jumlahnya hingga kini masih dihitung dan dikonfirmasi kembali kepada pihak-pihak yang ditangkap," kata Ali.

Hingga saat ini, Ade Yasin dan sejumlah pihak yang diamankan dalam operasi senyap tersebut masih diperiksa intensif di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. "Saat ini seluruh pihak masih dilakukan pemeriksaan dan klarifikasi secara maraton di Gedung Merah Putih KPK," jelasnya.

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum Ade Yasin dan para pihak yang diamankan lainnya.

Para pihak yang diamankan dalam OTT di daerah Bogor tersebut, paling lambat diumumkan status hukumnya nanti malam atau dini hari sesuai aturan yang berlaku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini