Share

Pesan Yasonna ke Anak Muda : Semangat Berkarya Majukan Kekayaan Intelektual

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 27 April 2022 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 27 337 2585982 pesan-yasonna-ke-anak-muda-semangat-berkarya-majukan-kekayaan-intelektual-H5CT8BchUQ.jpg Menkum HAM Yasonna Laoly menyerahkan penghargaan pada Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly menitipkan pesan untuk anak muda Indonesia dalam rangka memperingati Hari Kekayaan Intelektual Sedunia tahun 2022. Yasonna meminta agar anak muda lebih semangat dalam berkarya dan berinovasi untuk memajukan kekayaan intelektual Indonesia.

"Mari semangat untuk terus berkarya, berinovasi memajukan kekayaan intelektual di seluruh penjuru Indonesia demi kejayaan Bangsa dan Negara. Jadilah kreatif, inovatif dan inspiratif untuk Indonesia," ucap Yasonna melalui keterangan resminya, Rabu (27/4/2022).

Yasonna berpandangan bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah Generasi Z yang berusia 8-23 tahun dengan porsi sebesar 27,94 persen dari total populasi yang memiliki tingkat adopsi digital yang diperlukan saat ini.

"Karakteristik anak muda yang memiliki pemikiran inovatif, energik, dan kreatif harus terus dikembangkan agar dapat berdaya saing," katanya.

Menurut Yasonna, kesadaran dan pemahaman masyarakat, khususnya generasi muda akan pentingnya inovasi dan berkreasi diharapkan bertambah setelah melihat kesuksesan para penerima Penghargaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia (WIPO Awards). Penghargaan itu diberikan langsung oleh Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin.

Adapun, penerima penghargaan itu yakni, Angel Lee, siswi SMP 2 Tarakanita kelahiran 11 Juni 2007 yang mengoleksi juara di bidang programming dan robotik. Kemudian penghargaan untuk musikus dan komponis Purwa Tjaraka, Universitas Gadjah Mada, dan Profesor Subagjo bersama tim Fakultas Teknik Kimia ITB-nya.

Wapres juga menyerahkan penghargaan kepada dua tokoh nasional pendorong perkembangan kekayaan intelektual yang telah berkontribusi mendorong perkembangan kekayaan intelektual melalui pengesahan beberapa Undang-Undang Kekayaan Intelektual, yakni Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, serta mantan Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Ahmad M. Ramli.

Kemudian, Menkumham Yasonna Laoly juga menyerahkan pencatatan hak cipta kepada mahasiswa doktoral Universitas Pertahanan RI yang juga Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto atas karya-karya tulisnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini