Share

Menko PMK Pastikan Tol Cikampek dan Pelabuhan Merak Siap Hadapi Arus Mudik 2022

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 27 April 2022 06:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 27 337 2585795 menko-pmk-pastikan-tol-cikampek-dan-pelabuhan-merak-siap-hadapi-arus-mudik-2022-a3b6UkxY8U.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan Tol Cikampek dan Pelabuhan Merak siap menghadapi arus mudik dan balik Idul Fitri 1443 H/Lebaran 2022.

Hal ini diungkapkan Menko PMK usai meninjau persiapan mudik lebaran di Pelabuhan Merak dan Tol Cikampek bersama dengan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, kemarin.

BACA JUGA:H-5 Mudik Lebaran, Polisi Klaim Tol Jakarta-Cikampek Terpantau Lancar 

Menko PMK meninjau berbagai kesiapan di beberapa titik arus mudik. Mulai dari moda transportasi di pelabuhan, serta berbagai posko dan fasilitas yang disediakan.

“Secara umum, saya lihat sudah sangat bagus persiapan di Merak dan rest area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek ini dalam mengantisipasi arus mudik dan arus balik. Saya sangat mengapresiasi kesiapan para petugas dalam mengantisipasi arus mudik dan arus balik libur Lebaran 2022,” ujar Muhadjir dikutip dari keterangan yang diterima, Rabu (27/4/2022).

 BACA JUGA:Atasi Kemacetan Musim Mudik 2022 di Bogor, Polisi Pakai Kode Bendera

Menko PMK menambahkan, Presiden Joko Widodo sebelumnya telah menghimbau masyarakat untuk mudik sebelum tanggal prediksi puncak arus mudik yakni 28 April mendatang untuk menghindari kemacetan arus mudik.

“Sebagaimana arahan presiden, pelaksanaan mudik diharapkan dapat dilaksanakan lebih cepat lebih baik. Agar di H-4 bisa kita antisipasi kemacetan yang tinggi,” ungkap Muhadjir.

Adapun saat ini jumlah pemudik diperkirakan akan meningkat dari sebelumnya hanya 33 juta orang di tahun 2019, saat ini diperkirakan sebanyak 80 juta lebih orang yang akan mudik.

“Pada 2019 sebagai perbandingan, hanya 33 juga yang mudik. Jadi ini kenaikannya sangat luar biasa, untuk itu kita rekayasa betul sebaik-baiknya,” jelas Muhadjir.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini