Share

Malam Ini, GT Cikampek Utama 1 hingga Pelabuhan Merak Sudah Ramai Pemudik

Ari Sandita Murti, Sindonews · Selasa 26 April 2022 23:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 337 2585755 malam-ini-gt-cikampek-utama-1-hingga-pelabuhan-merak-sudah-ramai-pemudik-ALv85BIGRd.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Masyarakat sudah mulai ramai mudik menjelang hari Lebaran 2022 ini baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Salah satu titik yang ramai di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 1, Pelabuhan Merak, Stasiun Gambir, dan Stasiun Senen.

Di GT Cikampek Utama 1 misalnya, hingga malam ini arus lalu lintas masih terpantau kondusif meski sudah ada peningkatan volume kendaraan. Terpantau pada Senin (26/4/2022) malam sekitar pukul 21.00 WIB arus lalu lintas kendaraan lancar, yang mana kendaraan melintas di GT tersebut ke luar Jakarta tanpa hambatan.

BACA JUGA:H-6 Lebaran, Pemudik Asal Jakarta Dominasi Kedatangan di Stasiun Malang Kota 

Volume kendaraan meningkat sekitar 30 persen atau ada lebih dari 35 ribu kendaraan yang melintasi GT CIkampek Utama 1.

Lalu, di Pelabuhan Merak pun tampak kemudik sudah cukup ramai, yang mana sejak H-10 hingga H-6 malam Lebaran 2022 malam ini, setidaknya sudah ada 22.700 kendaraan dan total 192.810 orang menyeberang dari pelabuhan tersebut ke Pelabuhan Bakauheni.

 BACA JUGA:Malam Hari, Pemudik Mulai Berdatangan ke Stasiun Pasar Senen

Salah satu pemudik, Rahman mengatakan, dia berniat mudik dari Serang ke Medan melalui Pelabuhan Merak lantaran sudah 2 tahun lebih tak pulang kampung ke orangtuanya di Medan. Adapun perjalanan pulang dari Serang ke Medan sendiri diperkirakan memakan waktu 2 hari.

"Persiapannya mungkin kita cek kendaraan di perjalanan nanti, perbaiki mana yang kurang agar semoga selamat sampai tujuan. Pulang malam ini mungkin agak lancar, takutnya dua hari ke depan puncaknya arus mudik sehingga akan lebih padat kendaraan," ujarnya, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Sementara itu di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (26/4/2022) ini setidaknya ada 11 ribu lebih penumpang atau 70 persen penumpang dari tempat duduk yang tersedia sebanyak 15.500 berangkat dari Stasiun Gambir menuju sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Adapun kota tujuan pemudik dari Stasiun Gambir didominasi ke Purworejo, Purwokerto, Solo, Semarang, Surabaya, hingga Malang.

Guna mengakomodir pemudik di Stasiun Gambir, setidaknya ada 32 KA yang dioperasikan, yang mana 8 KA diantaranya merupakan kereta api tambahan.

Sedangkan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta ribuan pemudik juga memadati stasiun tersebut. PT KAI Jakarta juga menyediakan 61 perjalanan KA perhari dengan kapasitas rata-rata 36 ribu kursi dan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di Stasiun Pasar Senen, disiapkan 28 KA, dua diantaranya kereta tambahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini