Share

Survei Indikator: Popularitas Prabowo Tertinggi, Disusul Anies Baswedan

Kiswondari, Sindonews · Selasa 26 April 2022 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 337 2585527 survei-indikator-popularitas-prabowo-tertinggi-disusul-anies-baswedan-WjQme2dkwa.jpg Prabowo Subianto. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) yang bertajuk ‘Evaluasi Publik atas Kinerja Pemerintah, Prospek Partai Politik dan Calon Presiden 2024’ menemukan bahwa Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto memiliki tingkat popularitas tertinggi dibanding tokoh calon presiden (capres) lainnya.

Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, pihaknya menemukan bahwa 98,1% responden mengaku kenal dengan Prabowo dan 76% mengaku suka; Anies Baswedan 88% mengaku kenal, 77,1% suka; Sandiaga Uno 76% tahu, 89% suka; Ganjar Pranowo 72,9% kenal, 86,2% suka, AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) kenal 69% dan suka 77%, Puan Maharani kenal 67%, suka 55%, Ridwan Kamil 66% kenal, 89% suka; Erick Thohir 53,6% kenal, 75,9% suka; dan Airlangga Hartarto 35% kenal, 67% suka.

“Artinya, nama-nama yang muncul di sini punya tingkat kedikenalan dan kedisukaan yang variatif. Ini yang menjelakan tingkat elektabilitas yang berbeda,” kata Burhanuddin dalam paparan surveinya secara daring, Selasa (26/4/2022).

Burhanuddin menjelaskan, Prabowo memang punya tingkat popularitas maksimum, hampir semua orang Indonesia kenal Prabowo. Tapi, untuk menyukseskan Prabowo di Pilpres 2024, para pendukungnya perlu kerja lebih ekstra lebih keras. Karena untuk menaikkan elektabilitas Prabowo ruangnya tidak lagi di popularitas.

“Meingkatkan persepsi positif terhadap Pak Prabowo, sentimen positif yang lain harus dinaikkan,” terangnya.

Kemudian, sambung Burhanuddin, Anies secara umum memiliki tingkat popularitas yang tinggi, karena Anies pernah bertarung dalam Pilkada DKI Jakarta yang menjadi perhatian nasional pada 2017 lalu. Sementara Ganjar ada peningkatan popularitas, dan tingkat kedisukaan yang lebih tinggi dari Prabowo, Anies dan juga RK.

“Ridwan Kamil pun tingkat kedisukaan tinggi kepada Ridwan Kamil, tidak diterjemanhlan dalam bentuk pilihan. Basis Ridwan Kamil ada di Jawa Barat, di situ ada Anies, Prabowo, kuat sekali di Jabar, Ridwan Kamil bertarung dengan nama-nama besar di sana,” paparnya.

“Ganjar main sendiri di Jateng. Itulah kenapa tingkat kedikenalan dan kediskukaan Ganjar yang tinggi diterjemahkan dalam bentuk pilihan,” imbuh Burhanuddin.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sementara itu, kata Burhanuddin, Erick Thohir punya tingkat kedikenalan tinggi tetapi belum maksimal karena baru 53%. Lain halnya tingkat kedikenalan Prabowo yang sudah maksimal sehingga tidak ada ruang peningkatan lagi.

“Tingkat kedikenalan Pak Prabowo sudah tidak ada ruang lagi, Anies dan Ganjar memiliki peningkatan kedikenalan. Keduanya naik, ini yang menjelaskan elektabilitas Ganjar dan Anies naik,” ungkapnya.

Diketahui, survei ini dilakukan pada 14-19 April 2022 dengan populasi survei ini adalah seluruh WNI yang punya hak pilih dari seluruh provinsi dan terdistribusi secara proporsional, penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlag basis sampel sebanyak 1.220 orang. Survei ini memiliki tingkat toleransi kesalahan (margin of error MoE) sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Responden terpilih diwawancarai secara tatap muka langsung. Dan dilakukan quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara acak yakni sebesar 20 dari total sampel oleh supervisor.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini