Share

Mudik H-6, Begini Suasana Uji Coba Penyekatan Ganjil-Genap di Tol Cikampek

Jonathan Simanjuntak, MNC Portal · Selasa 26 April 2022 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 337 2585396 mudik-h-6-begini-suasana-uji-coba-penyekatan-ganjil-genap-di-tol-cikampek-HrpxEflIxD.jpg Ganjil genap di Tol Cikampek. (Foto: Jonathan S)

KARAWANG - Menjelang masa mudik lebaran, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan uji coba rekayasa lalu lintas dengan skema ganjil-genap. Rekayasa lalu lintas dilakukan sejak KM 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, di Kabupaten Karawang.

Penyekatan ganjil-genap ini dilakukan sejak pukul 11.00 WIB. Ketika memasuki jam uji coba rekayasa, petugas pengamanan yang terdiri dari Polri dan petugas Jasa Marga langsung membagi ruas jalan menjadi dua bagian.

Adapun pada hari ini, kendaraan yang boleh melintas merupakan kendaraan berpelat nomor genap. Sementara kendaraan berpelat ganjil dipandu untuk keluar jalan tol menuju Jalan Internasional Karawang Barat.

Di lokasi, akibat adanya pembatasan kendaraan ganjil-genap sempat menimbulkan kepadatan. Sejumlah kendaraan terlihat harus berpindah ruas jalan.

Baca juga: Tak Ada Ganjil-Genap di Tempat Wisata saat Libur Lebaran, Dishub DKI Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Pasalnya tak sedikit kendaraan berpelat ganjil yang melintas di ruas kanan jalan. Padahal, ruas kanan jalan kali ini diperuntukkan bagi kendaraan berpelat nomor genap untuk terus melintas. Kendaraan yang salah ruas jalan itu pun harus berpindah ke ruas sebelah kiri untuk dipandu keluar tol.

Tak hanya mobil pribadi, polisi juga melakukan penyaringan terhadap kendaraan truk besar yang tidak sesuai pelat nomornya. Sementara arus siang ini juga terlihat dipenuhi sejumlah truk.

Untuk diketahui, uji coba rekayasa lalu lintas akan terus dilakukan hingga Rabu (27/4/2022). Uji coba dilakukan guna mempersiapkan kelancaran arus jalan Tol selama masa mudik lebaran.

"Kami akan melakukan uji coba mulai Senin hingga Rabu mendatang di Tol Cikampek. Sebagai upaya menjaga keamanan, keselamatan, kelancaran, dan kenyamanan masyarakat yang akan melaksanakan mudik," ucap Kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi, Minggu (24/4/2022).

Sementara titik-titiknya di antaranya:

1. Untuk hari Senin, 25 April sejak pukul 11.00 WIB-13.00 WIB dari Tol Cikampek KM47, sampai gerbang Tol Cikampek Utama KM 70

2. Hari Selasa, 26 April sejak pukul 11.00-13.00 WIB dari Tol Cikampek Km 47 sampai dengan gerbang Tol Palimanan Km 188,

3. dan Rabu, 27 April sejak pukul 10.00-17.00 WIB dari Tol Cikampek KM 47 sampai dengan gerbang Tol Kalikangkung KM 414

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini