Share

Aktivitas Gunung Krakatau Meningkat, BMKG Minta Masyarakat Tak Terpancing Hoaks

Ari Sandita Murti, Sindonews · Senin 25 April 2022 22:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 25 337 2585153 aktivitas-gunung-krakatau-meningkat-bmkg-minta-masyarakat-tak-terpancing-hoaks-W6SBTxwwqr.jpg Gunung Anak Krakatau saat erupsi (foto: dok PVMBG)

JAKARTA - BMKG menyampaikan kalau status aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) meningkat dari level II atau Waspada menjadi level III atau Siaga. Maka itu, BMKG juga meminta pada masyarakat untuk tak terpancing isu-isu hoaks.

"Pertama telah Terjadi peningkatan level aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) dari Level Il (Waspada) menjadi Level III (Siaga)," ujar Kepala BMKG, Dwikorita melalui konfrensi persnya di akun Youtube resmi BMKG, Senin (25/4/2022).

BACA JUGA:Ahli Tsunami Sebut Peningkatan Aktivitas Gunung Anak Krakatau Wajib Diwaspadai 

Menurutnya, pada Senin (25/4/2022) malam ini BMKG bersama Badan Geologi dan BNPB mengeluarkan rilis resminya tentang kewaspadaan potensi dampak erupsi GAK. Utamanya tentang peningkatan status aktivitas GAK menjadi level III atau siaga.

Lalu, kata dia, pihaknya juga meminta pada masyarakat untuk tidak terpancing isu-isu tak bertanggung jawab. Diharapkan, pernyataan tersebut dapat memperjelas situasi terakhir yang ada di GAK disamping semua pihak harus memahami kalau waspada itu bukan evakuasi.

 BACA JUGA:Aktivitas Gunung Anak Krakatau Level III, PVMBG: Ini Kewaspadaan Kita

Waspada, tambahnya dia, mengartikan masyarakat untuk berhati-hati dengan meningkatkan kesiapsiagaan dan dengan tetap memperhatikan informasi dari pihak berwenang.

"Masyarakat diminta untuk tidak terpancing oleh isu yang tidak bertanggungjawab, mohon pastikan informasi hanya bersumber dari PVMBG-Badan Geologi dan BMKG serta BPBD setempat," pungkasnya.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini