Share

Status Gunung Anak Krakatau Naik Siaga 3

Dimas Choirul, MNC Media · Senin 25 April 2022 05:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 25 337 2584586 status-gunung-anak-krakatau-naik-siaga-3-Nlvu9TYgFv.jpg Gunung Anak Krakatau Siaga 3 (Foto: Antara)

JAKARTA - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan Gunung Anak Krakatau kembali mengeluarkan erupsi pada Minggu (24/4/2022) sore. Status gunung yang terletak di perairan selat sunda itu kini menjadi waspada atau siaga III.

"Tingkat aktivitas Gunungapi anak krakatau level siaga III (tiga)," tulis keterangan Badan Geologi Kementerian ESDM yang dikutip melalui website resminya www.magma.esdm.go.id pada Senin (25/4/2022).

Dalam laporan itu, terlihat asap kawah utama berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tebal tinggi sekitar 3.000 meter dari puncak.

Baca juga: Berpotensi Alami Letusan, Status Gunung Ruang Dulut Dinaikkan Menjadi Waspada

Adapun keadaan cuaca di sana dilaporkan berawan dengan suhu udara sekitar 28-29°C dan tingkat kelembaban 40-76 persen.

"Sesekali terdengar suara gemuruh letusan dari Gunung Anak Krakatau di Pos Pga Pasauran," lanjut laporan itu.

Baca juga: Gunung Semeru Muntahkan Asap Seperti Naga, Ini Penjelasan Ahli

Badan Geologi mengingatkan kepada masyarakat agar tidak mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius lima kilometer dari kawah.

"Masyarakat/pengunjung/wisatawan/pendaki tidak mendekati G. Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif," tutup laporan itu.

Baca juga: Badan Geologi Minta Warga Pasaman Barat Waspadai Likuefaksi Usai Diguncang Gempa

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini