Share

3 Perbatasan Negara Terpanjang di Dunia, Amerika-Kanada Salah Satunya

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 25 April 2022 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 24 337 2584410 3-perbatasan-negara-terpanjang-di-dunia-amerika-kanada-salah-satunya-zS6jKCCInZ.jpg Ilustrasi (Foto : AFP)

NEGARA-negara yang berada di dunia umumnya memiliki perbatasan dan menjadi penanda batas negara tersebut. Perbatasan ini sudah diatur oleh perjanjian-perjanjian yang ada sejak ratusan tahun lalu.

Berikut adalah negara-negara yang memiliki garis perbatasan terpanjang di dunia.

1. Amerika Serikat-Kanada

AS dan Kanada tercatat sebagai 2 negara yang memiliki garis perbatasan paling panjang. Menurut data yang dipublikasikan Statista, panjang garis perbatasan darat yang membentang antara AS dan Kanada adalah 8.893 kilometer.

Perbatasan ini diperjelas dalam konvensi Inggris-AS pada 20 Oktober 1818. Selain perbatasan darat, AS dan Kanada juga memiliki Sungai St. Lawrence dan Great Lakes yang berperan sebagai perbatasan perairan.

2. Rusia-Kazakhstan

Perbatasan darat antara Rusia dan Kazakhstan membentang sepanjang 7.644 kilometer. Perbatasan ini sempat ditutup pada Maret 2020 oleh pemerintah Kazakhstan saat kasus pandemi Covid-19 sedang tinggi di tahun 2020.

Akibatnya, mereka yang tidak memiliki kepentingan tidak boleh melalui perbatasan ini. Setelah 2 tahun ditutup, pemerintah Kazakhstan membuka kembali jalur perbatasan ini. Keputusan tersebut tentunya disambut baik oleh ribuan pekerja migran asal Asia Tengah yang ingin bekerja di Rusia.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Argentina-Chili

Negara selanjutnya yang memiliki perbatasan panjang adalah Argentina dan Chili. Statista menyebut, perbatasan yang membentang antara kedua negara sepanjang 6.691 kilometer dan membentang di sepanjang Pegunungan Andes. Adanya perbatasan ini secara resmi diatur dalam Perjanjian Batas di tahun 1881.

Sama seperti Kazakhstan, Chili sempat menutup perbatasannya pada 17 Maret 2020 karena peningkatan kasus Covid-19 yang sangat drastic. Mengutip laman Buenos Aires Times, perbatasan tersebut akan kembali dibuka pada 1 Mei 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini