Share

4 Pos Polisi yang Pernah Dirusak Massa Demo, Terbaru di Pejompongan

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 25 April 2022 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 24 337 2584407 4-pos-polisi-yang-pernah-dirusak-massa-demo-terbaru-di-pejompongan-ErKwHwUXKE.jpg Pos Polisi Pejompongan dibakar massa (Foto : MPI)

DEMONSTRASI merupakan kegiatan menyuarakan pendapat yang dijamin oleh Undang-Undang. Namun, dalam pelaksanaannya, ada aturan yang perlu ditaati. Untuk mengawal agar demonstrasi berjalan tertib, sejumlah aparat diturunkan. Namun, tak jarang aksi tersebut berakhir ricuh, bahkan merusak fasilitas umum, termasuk pos polisi.

Berikut daftar pos polisi yang pernah dirusak massa.

1. Pos Polisi Pejompongan, 11 April 2022

Pada Senin (11/4/2022), Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) melakukan demonstrasi dengan konsentrasi di depan Gedung DPR/MPR RI. Kericuhan yang terjadi dalam aksi ini membuat pos polisi yang berada di seberang menara BNI dan Gedung BPK RI dibakar oleh massa.

Polres Metro Jakarta Pusat menyelidiki penyebab terbakarnya. Dalam penyelidikannya, Polres Metro Jakarta Pusat bersama Puslabfor Polri bekerja sama melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di Polsubsektor Pejompongan. Setelah dilakukan penyelidikan polisi berhasil menangkap belasan orang yang akan diperiksa terkait pembakaran pos polisi Pejompongan ini.

2. Pos Polisi Tomang, 26 September 2019

Lanjutan demo UU KPK dan RKUHP pada 26 September 2019 menimbulkan kerusakan pada pos polisi Tomang, Jakarta Barat. Kerusakan tersebut dikarenakan pos polisi dibakar oleh massa. Sebelum dibakar, sempat pula terjadi aksi penjarahan di pos polisi.

Diketahui pada 8 Oktober 2020, pos polisi Tomang juga dirusak oleh orang yang tak dikenal. Untungnya dalam peristiwa ini tak ada korban jiwa. Akibat kerusakan itu, sejumlah kaca di pos pecah. Polisi juga berhasil mengamankan dua remaja berambut gondrong yang diduga kuat merupakan pelaku perusakan.

3. Pos Polisi Simpang Slipi, 24 September 2019

Pada 24 September 2019, terjadi demo mahasiswa dengan tagar #ReformasiDikorupsi. Aksi tersebut kemudian menimbulkan bentrokan antara mahasiswa pendemo dan personel kepolisian di Simpang Slipi. Ratusan mahasiswa melempar batu ke arah Brimob yang berjaga lokasi. Tak hanya itu, massa juga membakar pos polisi di Simpang Slipi, Jakarta Barat.

4. Pos Polisi Kawasan Sarinah, 22 Mei 2019

Setelah aksi demo Omnibuslaw atau UU Cipta Kerja pada 22 Mei 2019 , pos polisi di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat dibakar massa. Ketika itu massa yang melawan polisi terlihat merusak dan membakar pos polisi Sarinah.

Aksi pembakaran ini terjadi sekitar pukul 21.58 WIB. Pasca aksi pembakaran terlihat pintu dan jendela kaca pecah dan pada tulisan โ€˜Polisiโ€™ di bagian luar pos rusak. Tak hanya itu saja, pada bagian luar pos polisi juga terlihat kaca pecah berserakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini