Share

4 Daerah Memiliki Daya Magnet, dari Aab Saudi hingga Indonesia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 25 April 2022 03:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 24 337 2584401 4-daerah-memiliki-daya-magnet-dari-aab-saudi-hingga-indonesia-nchvzFWRTj.jpeg Jabal Magnet (Foto : MCH)

MEDAN magnet merupakan area atau ruang di sekitar magnet yang mendapatkan pengaruh dari gaya magnet tersebut. Dengan adanya gaya magnet ini, benda atau partikel bermuatan listrik akan ditarik ke dalam pusat magnet tersebut.

Medan magnet terdapat di dunia nyata. Kekuatannya bahkan mampu membuat mobil dalam keadaan mati bisa berjalan sendiri. Contohnya, Jabal Magnet di Madinah, Arab Saudi, yang terkenal dan cukup menghebohkan. Berikut ini adalah beberapa daerah yang dipercaya memiliki daya magnet.

1. Jabal Magnet, Madinah

Jabal Magnet adalah bukit di luar Kota Madinah yang menimbulkan banyak peristiwa aneh. Bukit ini dikenal dengan nama Wadi Al-Baida atau Wadi Al-Jinn, berjarak 30 menit dari Madinah. Tempatnya dipenuhi dengan perkebunan kurma, perbukitan, dan gurun pasir.

Hal yang paling misterius sekaligus menarik dari Jabal Magnet adalah bukti bahwa daerah ini dipercaya memiliki daya magnet yang tinggi. Mobil yang mati bisa tiba-tiba bergerak menanjak atau menuruni bukit. Jika membawa kompas, jarumnya juga akan berputar hilang arah. Namun, tidak sedikit juga orang yang berpendapat bahwa kejadian di Jabal Magnet hanyalah ilusi optik.

Selain keunikan magnetiknya, pengunjung Jabal Magnet yang kebanyakan adalah para jemaah haji bisa menikmati wisata di tempat ini dengan naik unta dan motor ATV.

2. Dokkaebi Road, Korea Selatan

Di Pulau Jeju-Do, ada sebuah kawasan yang disebut sebagai Myterious Road atau Dokkaebi Road oleh penduduk lokal. Letaknya berada di bukit bawah kaki gunung. Banyak yang sudah membuktikan bahwa jalanan ini bisa membuat mobil berjalan sendiri, padahal jalannya cenderung menanjak. Konon, cerita berawal dari sepasang suami istri sekitar 30 tahun lalu yang sedang liburan di Jeju.

Ketika mereka berhenti sebentar untuk mengambil foto-foto, mobil mereka bergerak tanpa pengemudi dan mesin mati. Sejak saat itu, Dokkaebi Road dianggap memiliki “kekuatan magis”. Bahkan ada pengunjung yang pernah menuang air di jalanan dan air tersebut malah mengalir ke atas, bukan ke bawah. Belum ada penjelasan ilmiah tentang “kemistisan” Dokkaebi Road.

Namun, dipercaya jalanan ini memiliki kekuatan magnetik atau sekadar ilusi optik.

3. Bukit Radar, Indonesia

Indonesia juga punya tempat yang dipercaya memiliki daya magnet tinggi. Lokasinya terletak di Jalan Blangbintang (Bukit Radar), tembus ke arah Simpang le Suum, Krueng Raya, Aceh Besar. Keberadaannya pertama kali ditemukan oleh polisi bernama Aipda Pariadi.

Kala itu, Aipda Pariadi bersama istrinya pergi membawa dua mobil untuk menjemput keluarga mereka dari Aceh Utara. Ketika menuju ke Suum Krueng Raya, spion mobil yang dikemudikan istri Pariadi bersinggungan dengan mobil lain, sehingga Pariadi yang juga membawa mobil berpenumpang sanak saudaranya berhenti dan menunggu sang istri.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Pariadi menunggu di dalam mobil dengan mesin mobil menyala. Tiba-tiba saja, mobil tersebut tertarik ke belakang, ke arah yang lebih menanjak. Bahkan kecepatannya bertambah hingga 35 km per jam. Sejak saat itu, Bukit Radar diyakini memiliki daya magnetik.

Bahkan sinyal handphone bisa dibuat hilang dan menyulitkan untuk tersambung ke jaringan internet. Banyak wisatawan baik penduduk Aceh maupun orang luar datang untuk membuktikan sendiri fenomena medan magnet di kawasan Jalan Bukit Radar tersebut.

4. Gravity Hill, Amerika Serikat

Dikutip dari Atlas Obscura, terdapat sebuah jalanan bukit yang berada di Mooresville, Indiana, Amerika Serikat. Jalanan ini diberi nama Gravity Hills, karena dipercaya kawasan ini “menentang” gravitasi. Banyak yang sudah membuktikan bahwa jika mobil diparkir dalam posisi mati di bawah bukit, mobil tersebut akan bergerak naik ke atas menuju bukit yang menanjak.

Fenomena ini juga menciptakan legenda di mana bus sekolah yang sedang terparkir di dasar bukit, tiba-tiba bergerak mundur melintasi rel dan ditabrak kereta api. Karena itu, penduduk setempat percaya bahwa arwah dari anak-anak yang meninggal akan menolong para pengendara dengan mendorong mobil menjauhi dasar bukit.

Mereka juga menyarankan untuk membawa tepung dan menaburkannya di bemper mobil supaya terlihat “jejak tangan” anak-anak tersebut. Sebagian besar mempercayai bahwa fenomena anti-gravitasi di Gravity Hill ini adalah ilusi optik, tapi ada juga yang mengatakan kawasan ini memiliki daya magnet yang tinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini