Share

4 Kisah Mistis di Stasiun atau Perlintasan Kereta Api

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 24 April 2022 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 23 337 2584030 4-kisah-mistis-di-stasiun-atau-perlintasan-kereta-api-Un1OA1I8M5.jpg Sejumlah kisah mistis tersebar di beberapa stasiun. (Ilustrasi/Okezone)

KEBERADAAN stasiun kereta api tentu menjadi sarana yang menunjang pembangunan di zaman modern ini. Namun di balik itu, terdapat kisah mistis yang beredar di masyarakat terkait kereta api. Ada yang mempercayainya, tapi ada juga yang tidak. Kisah mistis tersebut umumnya terjadi di perlintasan kereta api dan stasiun, serta melekat pada masyarakat hingga kini. Berikut daftarnya.

Kisah Mistis Kereta Hantu Manggarai

Kereta hantu Manggarai sudah tak asing lagi bagi masyarakat. Peristiwa ini terjadi pada 12 Desember 2003. Kisah mistis tersebut diperoleh dari Sutrisno, penjaga pintu perlintasan KRL Bukit Duri, Jakarta Selatan yang melihat kereta hantu ini.

Ketika itu, Sutrisno mengaku kaget lantaran mendengar suara sirine yang tiba-tiba bunyi. Sirine yang berbunyi ini menandakan akan ada kereta yag melintas di jalur itu.

Pada saat itu, waktu baru menunjukkan pukul 04.00 WIB, jelas tidak ada jadwal kereta yang beroperasi. Rasa kaget yang dialaminya semakin menjadi ketika Sutrisno melihat dengan mata kepala sendiri kereta itu tidak berawak dan tidak mengangkut penumpang. Sutrisno mengatakan, kereta tersebut menarik empat gerbong dengan kondisi tidak ada penumpang, tidak ada masinis, serta dalam keadaan gelap.

Muhyar, yang ketika itu mejabat sebagai Wakil Kepala Stasiun Manggarai, juga tak menampik kisah tersebut. Ia mengaku memang ada kereta yang beroperasi di luar jadwal.

Kisah Mistis Tragedi Perlintasan Kereta Api Pondok Betung

Kecelakaaan maut terjadi di perlintasan kereta api Pondok Betung, Bintaro Permai, Jakarta Selatan, pada 9 Desember 2013 yang melibatkan kereta api dengan truk pengangkut BBM. Kecelakaan yang mengakibatkan 7 orang tewas ini mengingatkan kembali peristiwa kecelakaan yang serupa pada tahun 1987.

Ketika itu, kereta dari Rangkasbitung bertabrakan dengan kereta dari arah Kebayoran. Akibatnya 139 orang tewas. Menurut warga yang berada di sekitar lokasi, usai terjadi kecelakaan 1987 itu, banyak kejadian aneh yang muncul. Teror suara adalah kisah yang paling sering terjadi.

Konon, hampir setiap malam warga yang tinggal di sekitar perlintasan ini mendengar suara rintihan yang tak diketahui sumbernya. Selain suara rintihan, warga juga sering melihat penampakan hantu yang diduga merupakan korban kecelakaan.

Kisah Mistis di Stasiun Poncol, Semarang

Di Stasiun Poncol, Semarang terdapat kisah mistis yang dapat membuat bulu kuduk berdiri. Konon, warga kerap melihat penampakan hantu berjubah putih berjalan di stasiun. Tak hanya itu, warga juga sering melihat penampakan anak kecil yang bermain di area stasiun pada malam hari.

Selain itu, ada pasangan suami istri yang sedang berboncengan menggunakan sepeda motor melintas di sekitar Stasiun Poncol, yang melihat sejumlah penumpang menggunakan baju putih pada malam hari. Bahkan penumpang yang menggunakan baju putih itu terlihat pucat dengan tatapan mata kosong.

Penasaran, pasangan suami istri ini lalu bertanya kepada seorang tukang becak. Tukang becak itu pun juga sering melihat penampakan tersebut. Konon, penampakan tersebut adalah korban kecelakaan kereta api pada masa lalu. 

Kisah Mistis di Stasiun Ketanggungan Barat, Brebes

Pada 25 Desember 2001, di stasiun ini terjadi kecelakaan yang melibatkan KA 146 Empu Jaya dan KA 153 Gaya Baru Malam Selatan yang mengakibatkan 45 orang tewas. 

Kecelakaan ini menjadi awal kisah mistis yang beredar di wilayah tersebut. Konon, terdapat sosok wanita bergaun putih hingga penampakan sosok yang kondisi tubuhnya tidak utuh.

Menurut pengakuan warga, mereka kerap diganggu dengan penampakan sosok wanita bergaun putih ini. Sosok itu sering ditemui di sekitar stasiun.

Warga menduga, sosok wanita bergaun putih itu adalah salah satu korban kecelakaan kereta api. Selain sosok wanita bergaun putih, penampakan hantu yang tidak mempunyai tanggan hingga kaki dengan suara minta tolong juga sering ditemui oleh warga. (Berbagai sumber/Tika Vidya Utami/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini