Share

Mudik 2022, Wapres Ingatkan Tetap Jaga Prokes

Erfan Erlin, iNews · Jum'at 22 April 2022 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 337 2583624 mudik-2022-wapres-ingatkan-tetap-jaga-prokes-gsma0ZcFiG.jpg Wapres KH Ma'ruf Amin saat berkunjung ke Gunungkidul. (MPI/Erfan Erlin)

GUNUNGKIDUL - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin mengingatkan para pemudik untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes), baik sebelum ataupun selama mudik. Hal itu mengingat saat ini pandemi Covid-19 belum selesai.

Menurut Wapres, tahun ini jumlah pemudik mencapai 70-80 juta orang. Ia memaklumi jumlah tersebut cukup banyak karena sudah 2 tahun warga tidak mudik.

"Wajar kalau nanti akan melonjak. Karena sudah 2 tahun tidak mudik," ujar dia, di Gunungkidul, Jumat (22/4/2022).

Karena jumlah pemudik nanti akan cukup banyak, Wapres berharap kepada pemudik tetap memenuhi permintaan pemerintah agar melakukan vaksinasi booster terlebih dahulu. Hal itu agar semuanya nanti aman dalam perjalanan ataupun di tempat yang dituju.

Itu karena di daerah yang dituju para pemudik ada orangtua dan juga orang sakit. Karena itu, ia tidak ingin nanti para pemudik membawa virus dari kota ke kampung dan sebaliknya ketika balik nanti jangan sampai membawa virus dari kampung ke kota.

"Jangan sampai mudik ini menjadi transmisi penularan Covid-19," ujar dia.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Menurutnya, protokol kesehatan memang harus dijaga dan dipatuhi dengan ketat. Itu termasuk dalam sholat Idul Fitri nanti. Pada tahun ini Idul Fitri sudah boleh dilaksanakan di manapun dan jaraknya sudah bisa mengakomodasi saf seperti sebelumnya.

"Sholat Ied sudah boleh di mana-mana. Asal protokol kesehatan ditaati," tuturnya.

Ma'ruf Amin mengaku akan merayakan Idul Fitri dengan berkumpul dengan keluarga besarnya di Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini