Share

Pemudik Belum Booster Tak Diputar Balik, BNPB: Kami Siapkan Posko Vaksinasi!

Riezky Maulana, iNews · Kamis 21 April 2022 06:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 337 2582572 pemudik-belum-booster-tak-diputar-balik-bnpb-kami-siapkan-posko-vaksinasi-clw0IRdEBK.jpg Ilustrasi mudik (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto memastikan akan menyiagakan posko vaksinasi bagi para pemudik yang belum melakukan booster. Hal itu agar para pemudik lebih mudah melengkapi dosis vaksinasinya.

Dia memastikan, jika dalam praktik nantinya ditemukan pemudik yang belum memiliki dosis vaksin lengkap, maka tak akan diputarbalikan ke rumah.

"Jika ditemukan ada pemudik yang belum vaksin, pemudik tak akan diputarbalikan ke rumah. Namun, disiapkan pos vaksinasi di beberapa titik jalur mudik untuk menyediakan vaksinasi di tempat bagi pemudik tersebut sebelum melakukan perjalanan,” tutur Suharyanto, Rabu (20/4/2022).

BACA JUGA:Warga Diimbau Mudik Lebih Awal, Kakorlantas: Cegah Penumpukan Kendaraan 

Dia turut mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi dan mengisi Electronic Health Alert Card_ (EHAC) atau sebuah kartu kewaspadaan kesehatan dengan bentuk elektronik di aplikasi PeduliLindingi sebelum melakukan perjalanan.

Pihaknya juga akan melakukan pengecekan vaksinasi secara acak. Bila ditemukan adanya kategori merah dalam aplikasi PeduliLindungi, maka harus menyertakan hasil negatif pada antigen atau PCR.

"Akan diadakan pengecekan acak terkait status vaksinasi pada para pemudik, pemudik diwajibkan mengisi EHAC di aplikasi PeduliLindungi dan yang diperbolehkan lewat adalah kategori hijau, jika kategori merah harus memiliki hasil PCR atau Antigen,” pungkasnya.

BACA JUGA:BNPB Siapkan Strategi Antisipasi Dampak Bencana saat Mudik Lebaran 

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini