Share

Periksa 3 Pengusaha, KPK Konfirmasi Aliran Uang terkait Izin Usaha di Sidoarjo

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 20 April 2022 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 20 337 2581974 periksa-3-pengusaha-kpk-konfirmasi-aliran-uang-terkait-izin-usaha-di-sidoarjo-gN3PBZVte1.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rampung memeriksa tiga bos perusahaan swasta dalam kapasitasnya sebagai saksi. Mereka yakni, Direktur PT Chalidana Inti Permata, Mochammad Ilyas; Direktur PT Hasta Prajatama, Imam Rochmad; serta Direktur PT Pondok Tjandra Indah, Widjaja Sugiharto.

Penyidik mengonfirmasi tiga pengusaha tersebut soal aliran uang pengurusan izin usaha di Sidoarjo. Diduga, banyak aliran uang dari pihak swasta yang telah mendapatkan izin usaha ke sejumlah pihak di Pemkab Sidoarjo. Ketiga pengusaha itu diduga mengetahui soal aliran uang tersebut.

"Para saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain adanya dugaan aliran sejumlah uang dari berbagai pihak swasta yang mendapatkan izin usaha di Pemkab Sidoarjo oleh pihak yang terkait dengan perkara ini," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Rabu (20/4/2022).

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Sekadar informasi, KPK belakangan ini sedang intensif melakukan penyidikan atas kasus dugaan gratifikasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo. Penyidikan gratifikasi di lingkungan Pemkab Sidoarjo tersebut terungkap setelah adanya pemeriksaan terhadap sejumlah saksi.

Hingga saat ini, KPK belum mengumumkan secara resmi siapa saja tersangka serta konstruksi perkara dugaan gratifikasi di lingkungan Pemkab Sidoarjo. Diduga, penyidikan gratifikasi ini berkaitan dengan perkara suap yang menjerat mantan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah. Saiful Ulah diduga menerima gratifikasi dari sejumlah pihak saat menjabat Bupati Sidoarjo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini