Share

Bertemu Dubes Spanyol, Wapres Maruf Amin Ingatkan Ancaman Separatisme

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 19 April 2022 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 337 2581306 bertemu-dubes-spanyol-wapres-maruf-amin-ingatkan-ancaman-separatisme-dMZWQHWH0H.JPG Wakil Presiden, Maruf Amin bertemu Dubes Spanyol (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengingatkan ancaman separatisme dapat mengganggu keamanan negara. Hal itu diungkapkannya saat bertemu Duta Besar Kerajaan Spanyol untuk Indonesia Francisco Aguilera Aranda kemarin.

“Upaya-upaya separatisme merupakan ancaman terhadap keamanan sehingga perlu diwaspadai,” tegas Wapres dikutip dalam keterangan yang diterima, Selasa (19/4/2022).

Pada kesempatan itu, Wapres mengatakan tidak hanya Indonesia, Spanyol pun memiliki tantangan yang sama terkait separatisme. Oleh karena itu, sudah semestinya Spanyol dan Indonesia menegaskan komitmen bersama untuk menegakkan integritas teritorial setiap negara.

"Saya apresiasi kerjasama kedua negara untuk memperkuat kedaulatan dan integritas wilayah negara masing-masing," ucap Wapres.

Dubes Aguilera, mengungkapkan bahwa Spanyol memastikan bahwa Spanyol sangat mendukung kedaulatan Indonesia sebagaimana Indonesia juga telah mendukung kedaulatan Spanyol.

“Indonesia dan Spanyol memiliki hubungan bilateral yang sangat baik dalam beberapa tahun. Dan tugas kami adalah terus mengidentifikasi dan menjajaki peningkatan kerjasama bilateral,” kata Aguilera.

“Untuk mendukung kedaulatan tersebut, kami juga menghormati prinsip-prinsip dan norma peraturan internasional khususnya terkait konvensi laut,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Dubes Aguilera juga meyakini Indonesia dan Spanyol memiliki suatu mekanisme yang sama untuk mendukung dan mempromosikan kehidupan beragama yang harmonis.

“Spanyol sebenarnya ingin menyelenggarakan dialog antaragama tetapi tertunda karena pandemi Covid-19, maka kami berharap dalam waktu dekat dapat terselenggara,” ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini