Share

Wapres: Kebangsaan dan Agama Tak Bertentangan tapi Satu Nafas

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 18 April 2022 23:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 18 337 2581131 wapres-kebangsaan-dan-agama-tak-bertentangan-tapi-satu-nafas-9dbRm1aX6j.jpg Wapres KH Maruf Amin (Foto : Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan bahwa kebangsaan dan agama tidak bertentangan, namun menjadi satu nafas dalam membawa Indonesia yang lebih maju.

“Kita harus bisa menjelaskan secara tepat bahwa kebangsaan dan agama tidak bertentangan. Tetapi justru menjadi satu nafas dalam membawa Indonesia lebih maju,” tegas Wapres saat memberikan sambutan pada Puncak Peringatan Hari Lahir PMII ke-62 Tahun, Senin (18/4/2022).

“Sama halnya dengan ilmu dan iman yang juga berjalan beriringan akan semakin membawa kepada kemaslahatan,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Wapres pun meminta agar PMII sebagai organisasi kepemudaan berlandaskan Islam Ahlussunnah Wal Jamaah harus menjelaskan bahwa kebangsaan dan agama tidak bertentangan.

Baca juga: Wapres: Jangan Sampai Umat Islam Jadi Orang yang "Musingin"

“Para kader PMII juga saya meminta agar dalam berbagai kegiatan mewujudkan visi dan misinya senantiasa mampu menjelaskan secara tepat bahwa kebangsaan dan agama tidak bertentangan. Ini harus dijelaskan, tadi pak Muhaimin (Iskandar) ada yang dia merasa lebih beragama, ada yang merasa lebih dari nasionalis,” tegas Wapres.

Baca juga: Wapres: Ramadan Momentum untuk Jadi Umat yang Muttaqin

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Wapres mengatakan dia mendapatkan laporan bahwa anggota dan kader PMII ini telah tersebar hampir diseluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di seluruh pelosok Tanah Air, bahkan di luar negeri. Begitupun dengan kepengurusan cabang PMII yang telah menjangkau ke tingkat provinsi dan kabupaten kota.

“Saya kira ini semakin menjadi modal PMII untuk melanjutkan dakwah Islamiyah seraya menggerakkan para mahasiswa sebagai calon-calon pemimpin bangsa untuk terus meningkatkan penguasaan akademiknya sekaligus mengasah kemampuan non akademik dalam mengemban misi menjadi agen perubahan bangsa ini ke arah yang lebih baik,” paparnya.

Baca juga: Wapres: Jaga Diri dari Covid-19 dengan Prokes dan Vaksinasi Merupakan Wajib

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini