Share

Mengenal Prajurit Elite Dunia di Masa Lalu, dari Ninja hingga Sparta

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 17 April 2022 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 16 337 2580043 mengenal-prajurit-elite-dunia-di-masa-lalu-dari-ninja-hingga-sparta-LBxi4SOUwX.jpg Ninja (Foto: BBC)

SEJAK masa lampau, peperangan menjadi ajang unjuk kekuatan untuk mempertahankan teritori maupun merebut wilayah kekuasaan koloni lain. Dalam peperangan itu hadir prajurit-prajurit tempur khusus yang andal dan terlatih dalam mengalahkan musuh.

Prajurit tempur khusus itu dikenal sebagai prajurit elite. Berikut deretan prajurit elite dunia di masa lalu:

• Ninja

 

Ninja atau yang kerap disebut shinobi merupakan prajurit khusus yang mulai berkembang antara tahun 600 hingga 900 di Jepang. Pangeran Shotoku (574-622), tercatat mempekerjakan Otomono Sahito sebagai mata-mata shinobi.

Ninja umumnya memiliki kemampuan bersembunyi dan ninjutsu. Ninjutsu adalah seni bela diri di medan perang.

Seorang ninja dibayar mahal untuk setiap pekerjaan yang dilakukannya, seperti membunuh. Ninja bisa bertarung dengan taktik apa pun untuk pertahanan diri, termasuk penggunaan racun untuk melakukan pembunuhan.

Beberapa ninja yang terkenal di Jepang ialah Fujibayashi Nagato, Hattoti Hanzo, Mochizuki Chiyome, dan Fuma Kotaro.

• Praetorian Guard

Praetorian Guard merupakan tentara elite yang melindungi para jenderal Romawi. Pasukan ini memiliki tugas yang multifungsi. Praetorian Guard mengontrol kerumunan saat pertandingan Romawi dan sering terlibat dalam pertumpahan darah di arena.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Setiap berada di arena, Praetorian Guard dipersenjatai lengkap untuk melawan tahanan maupun budak. Praetorian Guard bisa bertindak sebagai spionase, intimidasi, penangkapan hingga pembunuhan demi melindungi kepentingan kaisar Romawi.

• Pasukan Sparta

Sparta merupakan sebuah pasukan elite tempur Yunani yang dilatih menggunakan metode yang keras, ekstrem hingga terkadang kejam. Personel pasukan Sparta diambil dari setiap anak laki-laki yang berusia tujuh tahun.

Dalam pelatihan militernya, anak laki-laki Sparta diwajibkan bertelanjang kaki dan jarang mandi. Hal itu dimaksudkan untuk membuat mereka lebih kuat.

Para anak-anak laki Sparta juga diberikan satu jubah untuk dipakai sepanjang tahun. Para pasukan Sparta tidak bisa hidup sesukanya karena harus berlatih agar bisa menjalankan berbagai taktik di medan perang.

• Prajurit Jaguar Aztec

Menurut kepercayaan Aztec, prajurit Jaguar Aztec mewakili Dewa Aztec Tezcatlipoca yang merupakan dewa langit malam. Mereka tak hanya memiliki tugas untuk membunuh tentara musuh, namun juga menangkap tentara musuh yang nantinya digunakan untuk pengorbanan manusia selama upacara keagamaan Suku Aztec. 

Setiap anak laki-lakinya diberikan pelatihan militer yang berkaitan dengan kekuatan fisik dan kelincahan. Ketika di pertempuran, prajurit Aztec merupakan pemimpin pasukan yang membentuk strategi militer. Senjata yang digunakan prajurit Jaguar Aztec adalah atlatl, machuahuitl, dan tombak.

Melansir dari berbagai sumber, Maria Alexandra Fedho/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini