Share

Terapkan Prokes, Begini Suasana Ibadah Jumat Agung di Gereja Kelapa Gading

Yohannes Tobing, Sindonews · Jum'at 15 April 2022 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 15 337 2579641 terapkan-prokes-begini-suasana-ibadah-jumat-agung-di-gereja-kelapa-gading-c70pE2AQLZ.jpg Ibadah Jumat Agung di gereja kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara (Foto: Yohannes Tobing)

SELURUH umat kristiani melakukan misa atau ibadah untuk memperingati hari kematian Isa Al-Masih atau yang dikenal dengan 'Peringatan Hari Jumat Agung' pada Jumat (15/4/2022).

Dalam Ibadah tersebut, terlihat sejumlah gereja di wilayah Jakarta Utara khususnya di Kelapa Gading melakukan pelayanan ibadah secara langsung atau tatap muka (offline).

Berdasarkan pantauan di lokasi, dalam ibadah Jumat Agung ini pengelola ataupun pengurus gereja tetap memberlakukan penerapan protokol kesehatan (prokes) bagi jemaat yang hendak ikut serta.

BACA JUGA:Ibadah Jumat Agung, Gereja Katedral Siapkan Sejumlah Titik Parkir 

Sebelum mengikuti ibadah, ada beberapa gereja yang mewajibkan jemaat untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum. Saat mengikuti ibadah, ada sejumlah aturan di masa Pandemi yang harus diikuti para jemaat.

Salah satunya seperti yang dilakukan Gereja Kim Tae Gon. Panitia atau Pengurus Gereja masih memberlakukan protokol kesehatan seperti jaga jarak antar kursi, memakai masker, menyiapkan hand sanitizer.

BACA JUGA:100 Personel Gabungan Diterjunkan untuk Amankan Ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral 

Salah satu upaya dalam menerapkan prokes selama ibadah berlangsung, kami melakukan pembatasan jumlah jemaat yang hadir. Hal ini sesuai dengan kapasitas kursi yang tersedia di dalam gereja.

Sebelum memasuki ruang ibadah, jemaat diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan melakukan pengecekan suhu. Adanya pelaksanaan prokes ini membuat suasana ibadah semakin khusuk. Usai ibadah, jemaat lanjut mengikuti perjamuan kudus.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Sebelumnya, Polsek Kelapa Gading mengerahkan puluhan personel untuk mengamankan ibadah Jumat Agung yang dilakukan beberapa gereja yang berada di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Kapolsek Kelapa Gading Kompol Rio Mikael Tobing mengatakan dalam pengamanan ibadah Jumat Agung ini pihaknya mengerahkan sebanyak 45 personel gabungan dari TNI - Polri.

"Dalam pengamanan Ibadah Paskah pada hari Jumat tanggal 15 April 2022, terdapat belasan gereja yang melaksanakan misa di Kelapa Gading dan ada 45 personil yang turut mengamankan," Kata Rio saat dikonfirmasi.

Dijelaskan Rio, jumlah Gereja diwilayah Kelapa Gading yg melaksanakan Ibadah Jumat Agung terdapat 12 Gereja. Dari gereja tersebut menurutnya ada yang melaksanakan ibadah atau misa pagi dan dan juga pada sore hari.

"Ada yang melaksanakan misa pagi yaitu 12 Gereja, dan 3 gereja lainnya pada misa siang atau pada sore hari," ucap Rio.

Adapun pada saat pelaksanaan ibadah, pihak pengelola ataupun pengurus tetap memberlakukan Protokol kesehatan. "Panitia atau Pengurus Gereja memberlakukan prokes dengan jaga jarak antar kursi, memakai masker, menyiapkan hand sanitizer, dan membatasi jumlah jemaat sesuai kapasitas kursi tersedia," tuturnya.

Adapun 15 Gereja yang melaksanakan ibadah Jumat Agung seperti :

1. Gereja Tiberias Nias

2. Gereja Tiberias (Hotel Gading Indah)

3. Gereja Gekari

4. Gereja Kim Tae Gon

5. Gereja Tiberias Center

6. Gereja Tiberias Dome

7. HKBP Immanuel

8. Gereja Gepemri

9. Gereja Gi Hok Jim Tong MOI

10. Gereja Oikumene

11. GBI Mawar Sharon

12. Gereja Tongkonan Toraja

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini