Share

100 Personel Gabungan Diterjunkan untuk Amankan Ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Jum'at 15 April 2022 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 15 337 2579527 100-personel-gabungan-diterjunkan-untuk-amankan-ibadah-jumat-agung-di-gereja-katedral-AzH1Bq5VAM.jpg Pengamanan Jumat Agung di Gereja Katedral (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Sebanyak 100 personel dari aparat kepolisian diterjunkan untuk mengamankan ibadah Jumat Agung atau Paskah di Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Adapun personil gabungan terdiri dari TNI-Polri dan juga Satpol PP.

"Untuk pengamanan hari ini kegiatan Jumat Agung di Gereja Katedral personil sama kurang lebih 100 personil gabungan dari TNI Polri, Satpol PP," kata Kapolsek Sawah Besar Kompol Maulana Mukarom kepada wartawan di lokasi, Jumat (15/4/2022).

"Karena hari ini ada kegiatan yang offline dan online pada pukul 12.00 WIB kegiatan ibadah dilaksanakan online nanti bersambung kegiatan pada 15.00 WIB offline sampai dengan malam hari 20.00 WIB," tambahnya.

Maulana pun membeberkan nantinya personel akan disebar di berbagai titik sekitar Gereja Katedral. Adapun titiknya seperti di Pintu Utama, Pintu 5, dan Pintu 6.

Baca juga: Jumat Agung, PM Modi Sapa Warga India Ingatkan Pengorbanan dan Keberanian Yesus Kristus

"Untuk personel kita sudah bagi rekayasa pengamanan dimana ada beberapa titik-titik seperti pintu utama pintu 3 yang rekan-rekan bisa lihat pintu utama masuk para jemaat yang akan melaksanakan ibadah Gereja Katedral lalu ada pintu 5 dan 6," kata dia.

Baca juga: Khidmat, Ratusan Umat Katolik Bandung Ikuti Jumat Agung di Gereja Katedral

"Di situ juga ada anggota yang melakukan penjagaan, di dalam juga ada rekan-rekan gegana dari penjinak bom (jibom) yang sudah melaksanakan steriliasi pada pukul 08.00 WIB dan nanti mungkin sebelum melakukan ibadah sore akan dilakukan sterilisasi ulang," imbuhnya.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Lebih lanjut, Maulana mengatakan sejauh ini belum ada rekayasa lalu lintas sekitar Gereja Katedral. Menurutnya, sejauh ini lalu lintas masih normal.

"Untuk sampai sejauh ini rekayasa lalin masih normal seperti biasa, namun kita antisipasi pada kegiatan sore hari kenapa selain Gereja Katedral yang melaksanakan kegiatan ibadah Masjid Istiqlal juga melaksanakan rangkaian kegiatan seperti buka puasa, dan persiapan tarawih, jadi memang masyarakat rame sekali pada sore hari," tuturnya.

Baca juga: Misa Kamis Putih, Paus Fransiskus Kunjungi Penjara Italia, Cuci dan Cium Kaki 12 Napi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini