Share

Cak Nun: Ramadan Bulan Latihan, Praktik Puasa Sebenarnya di Seluruh Kehidupan

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 15 April 2022 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 15 337 2579377 cak-nun-ramadan-bulan-latihan-praktik-puasa-sebenarnya-di-seluruh-kehidupan-rCHc4YqhPN.jpg Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun (Foto : Caknun.com)

BULAN Ramadan oleh Allah memang dikhususkan, satu tahun sekali ada bulan Ramadan, seperti semacam pendidikan tentara yang waktunya teratur untuk apel, makan, tidur dan sebagaianya dalam menjalankan pelatihannya.

Hal tersebut disampaikan budayawan Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun yang dilansir dari Channel Youtube CakNun.com.

"Artinya kalau Ramadan bulan pelatihan, maka puasa yang sejati harus diaplikasikan di dalam kehidupan terus-menerus, kapan saja tanpa harus menunggu Ramadan," ujar Cak Nun yang juga sempat akrab disapa Kiai Mbeling.

Kata Cak Nun, manusia memang sudah terbukti malas dalam menjalankan berbagai macam hal. Karena itu, butuh training seperti Bulan Ramadan.

"Kalau kita enggak diingetin, memang sudah terbukti kebanyakan manusia kata Allah, memang malas berfikir, malas merenung, malas menganalisis sega sesuatu termasuk mentafakuri dirinya sendiri," ujarnya.

"Sehingga, kayak kentongan lah, tong tong tonng..., bangun. Tong tong tong..., makan. Jadi memang Allah menciptakan makhluk yang harus dijewer terus menerus seperti ini. Wong dijewer saja masih enggak puasa apalagi enggak dijewer," imbuhnya.

Sekali lagi, Cak Nun, menekankan, Ramadan harus dipahami sebagai jam pelatihan, jam training, dan jam pendidikan. "Nah, praktik puasa yang sebenarnya seluruh kehidupan ini di segala bidang," kata Cak Nun.

"Oleh sebab itu alangkah indah sekali kalau sejak kecil anak-anak tidak hanya dibiasakan untuk berpuasa dalam arti tidak makan minum ketika siang hari, dicicil sedikit demi sedikit sehingga anak-anak memahami bahwa puasa itu prinsip hidup sehari-hari," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini