Share

Menko PMK: Mudik Lebaran Jangan Bawa Oleh-Oleh Virus ke Kampung Halaman

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 14 April 2022 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 337 2578842 menko-pmk-mudik-lebaran-jangan-bawa-oleh-oleh-virus-ke-kampung-halaman-9hzmrtdFbb.jpg Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto : Kemenko PMK)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berpesan agar masyarakat yang akan mudik Lebaran tidak membawa oleh-oleh virus Covid-19 ke kampung halaman.

Ia pun meminta masyarakat yang telah berencana mudik untuk dapat menyiapkan diri dengan baik, seperti perbekalan, kemudian kondisi kesehatan, serta telah vaksin untuk mengamankan dirinya dan keluarga dari Covid-19. Lalu kondisi kendaraan bila menggunakan kendaraan pribadi.

“Pesan saya kepada masyarakat siapkan bekal untuk berangkat, itu termasuk kondisi kendaraannya, keamanan dirinya terutama terhadap ancaman Covid-19. Jangan sampai datang ke tempat mudik membawa oleh-oleh virus. Dan kita harapkan setelah Lebaran justru Covid-19 ini akan semakin turun dan kita akan memasuki masa endemi,” tegas Muhadjir dikutip dari keterangan resmi yang diterima, Kamis (14/4/2022).

Pemerintah telah umumkan libur Lebaran tahun ini dan memperbolehkan mudik. Keputusan ini bukan tanpa alasan, kasus Covid-19 yang semakin landai ditambah capaian vaksinasi yang cukup besar di seluruh daerah, menjadi salah satu alasan persetujuan mudik dan penambahan cuti bersama libur lebaran yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Begini Siasat Pemerintah Kendalikan Lonjakan Pemudik Lebaran

Menurutnya, dua tahun tanpa mudik lebaran diprediksi memicu antusiasme masyarakat yang mudik. Sehingga, pemerintah harus menyiapkan berbagai skenario sebaik-baiknya agar masyarakat aman dan nyaman.

Baca juga: 90 Juta Orang Diprediksi Mudik, Luhut: Jalur Darat Bakal Padat Mungkin Stuck

“Dua tahun ini pemerintah tak menyiapkan kebijakan mudik. Tahun ini kita tata dan siapkan mudik sebaik-baiknya, dari aparat keamanan, penyelenggara transportasi sampai kesehatan,” ujar Muhadjir.

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini