Share

KH Hasyim Asyari Ternyata Masih Keturunan Raja Brawijaya

Tim Okezone, Okezone · Kamis 14 April 2022 04:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 13 337 2578594 kh-hasyim-asyari-ternyata-masih-keturunan-raja-brawijaya-WdGQtL6Ym9.jpeg KH Hasyim Asyari. (Foto: Istimewa/Dok Pesantren Tebuireng)

JAKARTA - KH Hasyim Asy’ari Muhammad As’ad Syihab dalam Hadlratussyaikh KH Muhammad Hasyim Asy’arie: Perintis Kemerdekaan Indonesia (terjemahan KH Ahmad Mustofa Bisri, 1994) menjelaskan bahwa nasab KH Hasyim Asy’ari dari jalur ayahnya sampai kepada keluarga Alu Syaiban yang berasal dari keturunan para dai Arab Muslim.

Melansir nu.or.id, para dai tersebut datang ke Indonesia pada abad ke-4 hijriah untuk menyebarkan Islam ke Asia Selatan dan mendirikan bangunan pusat agama Islam dan kesultanan-kesultanan Islam yang dikenal dengan kesultanan Alu ‘Adhamah Khan. Mereka ini keturunan Imam Ja’far Shadiq bin Imam Muhammad Baqir.

Baca juga: Kisah KH Hasyim Asyari Tanggung Utang Muridnya yang 'Kurang Ajar'

Sedangkan dari pihak ibu, KH Hasyim Asy’ari masih keturunan Raja Brawijaya, seorang raja di Pulau Jawa. Pertalian nasab KH Hasyim Asy’ari dengan Ahlul Bait sudah diketahui banyak orang.

Nasabnya disebut dalam kandungan kitab-kitab dan karangan-karangan yang tersimpan dalam perpustakaan silsilah nasab di kantor pusat Sa’adah (jamak dari Sayyid) dan Asyraf (jamak dari Syarif).

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

KH Hasyim Asy’ari wafat pada 7 Ramadan 1366 H yang bertepatan dengan 25 Juli 1947. Wafatnya Hadratusseykh itu meninggalkan kesedihan mendalam bagi umat Islam. Terlebih lagi, Indonesia saat itu sedang berjuang melawan penjajah Jepang dan agresi militer Belanda II.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini