Share

Bamsoet Dorong Peningkatan Hubungan Pemuda Indonesia dengan Malaysia

Antara, · Selasa 12 April 2022 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 12 337 2577839 bamsoet-dorong-peningkatan-hubungan-pemuda-indonesia-dengan-malaysia-oJYrqPwTDk.jpg Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong agar Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) meningkatkan hubungan kepemudaan dengan Majlis Belia Malaysia (MBM) dalam bentuk dialog maupun berbagai kemitraan lainnya.

(Baca juga: Bamsoet Ajak Semua Pihak Dukung Perpindahan IKN, Bukan Mempersulit)

"Peningkatan hubungan people to people contact melalui para pemuda sangat penting agar kedua negara bisa senantiasa menjaga kedamaian dan bisa menghadapi bersama berbagai gangguan yang datang," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo di Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Bamsoet berharap, KNPI di bawah kepemimpinan Ketua Umum Haris Pertama bersama Majlis Belia Malaysia (MBM) di bawah kepemimpinan Presiden Mohd Izzat Afifi senantiasa meningkatkan hubungan kepemudaan antara Malaysia dengan Indonesia (Malindo) dalam bentuk dialog maupun berbagai kemitraan lainnya.

Mengingat kedua negara memiliki populasi pemuda yang sangat besar di kawasan Asia Tenggara, yakni sekitar 213 juta jumlah pemuda di kawasan ASEAN, Indonesia dan Malaysia menjadi penyumbang terbesarnya. Indonesia dengan sekitar 145 juta pemuda, Malaysia dengan sekitar 24 juta pemuda.

"Selain bertetangga karena jaraknya yang berdekatan, hubungan Indonesia dan Malaysia juga dikuatkan sebagai negara serumpun yang memiliki banyak kesamaan, baik dari latar belakang budaya maupun penggunaan bahasa sehari-hari,” tuturnya usai menerima pengurus KNPI dan pengurus MBM, di Jakarta.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebagai organisasi kepemudaan di masing-masing negara, KNPI dan MBM harus bisa menjadi lokomotif memajukan pemuda Asia Tenggara agar senantiasa menjadi Macan Asia.

Sebagai kawasan yang paling stabil di dunia, tanpa pernah ada intervensi militer maupun gonjang-ganjing lainnya yang mengganggu stabilitas kawasan, masa depan ASEAN yang damai bukanlah semata terletak pada kekuatan ekonomi, sosial, budaya, maupun militer-nya. Melainkan terletak pada para pemudanya.

"Penguatan kepemudaan juga menjadi modal utama bagi ASEAN agar bisa berperan aktif di kawasan Indo-Pasifik. Mengingat berbagai tantangan yang dihadapi kedepannya akan sangat besar. Seperti klaim China terhadap Laut China Selatan hingga dampak ketegangan yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina," tutup Bamsoet.

Sementara itu, Ketua Umum DPP KNPI menambahkan, dalam pertemuan tersebut, Bamsoet sangat mendukung penuh hubungan kedua organisasi kepemudaan terbesar di Indonesia dan Malaysia.

“Saya dan Presiden Majlis Belia Malaysia (MBM) Mohd Izzat Afifi Abdul Hamid melakukan pertemuan dengan Ketua Umum MPR Pak Bamsoet untuk membicarakan sejumlah hal,” kata Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama, Selasa (12/4/2022).

Haris juga membahas soal Kongres Pemuda XVI DPP KNPI di Maluku Utara pada 15 hingga 22 Mei 2022.

“Pak Bamsoet akan hadir dalam Kongres Pemuda XVI DPP KNPI di Maluku Utara dan akan mendukung penuh,” ucapnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Majelis Nasional KAHMI ini melanjutkan, sejumlah kepala daerah mendukung penuh ajang pesta demokrasi pemuda terbesar di Indonesia tersebut.

Antara lain Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba Bupati Halmahera Timur Ubaid Yakub, Bupati Morotai Benny Laos, Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik, Wali Kota Ternate Tauhid Soleman, dan Bupati Kepulauan Sulu Fifian Adeningsi. Selain itu, organisasi kepemudaan (OKP) di bawah KNPI juga akan datang dan memberikan dukungan gelaran tersebut.

"Kongres Pemuda XVI di Maluku Utara juga akan dihadiri seluruh mantan Ketua Umum DPP KNPI seperti Bang Akbar Tanjung, Bang Adhyaksa Dault, Bang Idrus Marham, dan lain sebagainya," tutup Haris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini