Share

Humor Gus Dur: Kisah Tentang Kecerdasan Tukang Becak Madura

Tim Okezone, Okezone · Rabu 13 April 2022 03:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 12 337 2577760 humor-gus-dur-kisah-tentang-kecerdasan-tukang-becak-madura-fZU9eAdljQ.jpg Ilustrasi (Foto : idws)

BANYAK tokoh yang punya pengalaman seru sekaligus lucu saat bersama KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Salah satunya Fachry Ali, sosok yang juga dikenal dekat dengan Gus Dur, ketika bersama di Australia.

Dilansir dari nu.or.id, ketika itu, saat malam makin larut, tamu di rumahnya di Clayton, Melbourne, Australia tinggal, 5 orang yang ‘setia’.

Gus Dur yang bersila di atas karpet, pun menyenderkan punggungnya di kursi panjang.

Kendati yang tersisa hanya segelintir orang, cerita kecil tetap berlanjut.

Kali ini, Gus Dur berkata: Bahwa tahun 1950-an di Surabaya masih ada trem. Sebuah kendaraan umum mirip kereta, tapi lebih pendek, yang digerakkan listrik.

Suatu ketika, trem tersebut melaju kencang di atas relnya. Tapi tiba-tiba, ada becak yang dikayuh orang Madura berhenti di lintasan rel itu.

Jarak antara trem dan becak hanya tinggal 15 meter. Dengan gugup dan susah-payah, masinis menekan rem sehabis-habisnya. Dan trem berhasil terhenti hanya beberapa inci dari becak.

Sang masinis marah dan penuh emosi, ia melotot dan berteriak kepada tukang becak itu: ‘Hai! Kamu kok berdiri di situ?! Tidak bisa mundur?!’

Dengan tenang, tukang becak itu menjawab: “Saya bisa. Sampean enggak.”

Orang Madura dilawan.......

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini