Share

Usai Dilantik, Rahmat Bagja Dkk Bakal Evaluasi Bawaslu

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Selasa 12 April 2022 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 12 337 2577730 usai-dilantik-rahmat-bagja-dkk-bakal-evaluasi-bawaslu-kovUxLzByJ.jpg Anggota Bawaslu Rahmat Bagja (Foto: Youtube Setpres)

JAKARTA - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masa jabatan 2022-2027 resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Usai dilantik, Rahmat Bagja menyebut dirinya bersama dengan empat orang lainnya yang juga telah dilantik akan langsung melakukan evaluasi.

Hal tersebut disampaikan Rahmat usai dilantik oleh Presiden Jokowi pada hari ini Selasa 12 April 2022 di Istana Negara, Jakarta.

"Kami akan melakukan setelah ini adalah evaluasi," ujar Rahmat usai pelantikan yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (12/4/2022).

BACA JUGA:Sah! Jokowi Resmi Lantik Anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027 

Rahmat dan anggota Bawaslu yang baru juga akan melakukan proses mendengar untuk memahami seluruh proses yang telah dilakukan oleh anggota ketua dan anggota Bawaslu periode 2012-2017.

"Dan kemudian kami akan menyerap seluruh proses-proses yang telah mereka lakukan dan kemudian kami bersama-sama akan melakukan rencana ke depan. Bagaimana standar tata laksana pengawasan pemilu dilakukan dan diperbaiki," ujarnya.

Rahmat mengungkapkan, pihaknya bakal melakukan seluruh proses pengawasan tahapan penyelenggaraan pemilu yang akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun ini.

"Dan kami berharap agar peraturan Komisi Pemilihan Umum dapat segera disahkan, dan kemudian kami setelah itu akan menyusun peraturan badan pengawas pemilihan umum dalam mengawasi seluruh proses tahapan yang akan dilakukan," katanya.

BACA JUGA:Ini 7 Anggota KPU dan 5 Anggota Bawaslu yang Akan Dilantik Presiden Hari Ini 

Selain itu, kata Rahmat, pihaknya juga akan melakukan proses perbaikan-perbaikan untuk proses penyeleksian anggota Bawaslu berikutnya.

"Kami berharap seluruh seleksi anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi di 25 provinsi dapat dilakukan dengan baik," katanya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini