Share

Jelang Demo Mahasiswa Esok, Menkominfo: Jangan Sampai Ada Hoaks!

Ari Sandita Murti, Sindonews · Minggu 10 April 2022 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 10 337 2576487 jelang-demo-mahasiswa-esok-menkominfo-jangan-sampai-ada-hoaks-JGVJn6VGdp.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Elemen mahasiswa berencana menggelar aksi demo pada Senin, 11 April 2022 esok di kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat. Menteri Kominfo, Johnny G Plate pun meminta agar semua lapisan masyarakat tak menebarkan hoaks.

"Saya sampaikan jangan sampai ada itu yang disebut dengan post truth, yakni hoaks yang disebarkan berulang rulang kali yang bisa dianggap sebagai kebenaran, jangan ada hoaks, jangan ada dis informasi," ujar Johnny pada wartawan, Minggu (10/4/2022).

Menurutnya, pihaknya berharap agar tak ada mis informasi yang diedarkan, diproduksi, dan disebarkan di ruang-ruang digital.

Kominfo sejatinya selalu melakukan pembersihan terkait hal itu, khususnya video di waktu lampau yang disebarkan kembali saat ini dan diplesetkan lantaran itu gak sejalan dengan aturan dan melanggar perundang-undangan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Kita bebas berekspresi, tapi sejalan dngn undang-undang, kita boleh berfikir soft safety, anaslisa yang rumit, tapi sejalan dengan undang-undang, itu bagian edukasi pada masyarakat kita jaga sekali. Namun, menyebarkan hoaks itu sudah melanggar undang-undang, bukan saja di Indonesia, tapi di seluruh dunia juga," katanya.

Dia menambahkan, terkait hoaks yang berkaitan dengan demo esok, Kemkominfo juga mengawasinya dalam patroli siber yang selalu dilakukan sepanjang waktu 24 jam nonstop setiap hari. Menkominfo sendiri telah melakukan penanganan pada hoaks-hoaks yang beredar di masyarakat, tak hanya soal demo.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini