Share

Profil dan Agama Ali Sadikin Mantan Gubernur DKI Jakarta yang Kerap Bantah Soeharto

Zahra Larasati , Okezone · Jum'at 08 April 2022 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 08 337 2575651 profil-dan-agama-ali-sadikin-mantan-gubernur-dki-jakarta-yang-kerap-bantah-soeharto-dcBESIC9kY.jpg Ali Sadikin/ist

JAKARTA - Ali Sadikin atau biasa dipanggil Bang Ali merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta yang ke-7. Dia dilantik sebagai Gubernur DKI oleh Presiden Soekarno pada tanggal 28 April 1966.

Selama sebelas tahun memimpin Jakarta, ia berupaya memoles Jakarta dengan kreativitas yang tinggi dan sikap yang tegas. Beliau lahir pada 7 Juli 1927 di Sumedang Jawa Barat dan beragama Islam.

(Baca juga: Ketika Ali Sadikin Kumpulkan Para Pencopet Lalu Menamparnya)

Sebelum diangkat menjadi Gubernur DKI, beliau aktif di bidang militer, khususnya di Korps Komando TNI Angkatan Laut. Bang Ali pernah menjabat sebagai Deputi Kepala Staf Angkatan Laut, Menteri Perhubungan Laut Kabinet Kerja, dan Menteri Koordinator Kompartemen Maritim atau disebut juga Menteri Perhubungan Laut Kabinet Dwikora.

(Baca juga: Kontroversial Ali Sadikin: Tarik Duit Pajak dari Perjudian)

Dilansir beragam sumber, Jumat (8/4/2022) dalam karirnya sebagai Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin banyak membuat banyak perubahan.

Seperti proyek pembangunan Taman Ismail Marzuki, Kebun Binatang Ragunan, Proyek Senen Taman Impian Jaya Ancol, Taman Ria Monas, Taman Ria Remaja, kota satelit Pluit di Jakarta Utara, serta pelestarian budaya Betawi di kawasan Condet.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Selain pembangunan, banyak kebijakan lainnya yang membuat Ibu Kota menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pada hari Selasa, 20 Mei 2008, Bang Ali meninggal dunia di Singapura pada usia yang ke-80.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini