Share

Curigai Varian Baru Covid-19, Dinkes DKI Masih Teliti Spesimen

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Kamis 07 April 2022 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 07 337 2575110 curigai-varian-baru-covid-19-dinkes-dki-masih-teliti-spesimen-4pmqOwIwE5.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta bersama Litbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan Lab Swasta tengah meneliti spesimen yang 'dicurigai' varian baru Covid-19.

"Kita prinsipnya tidak semua tapi ada beberapa spesimen atau sample yang kita 'curigai' dengan gejala tertentu itu kita telaah lebih lanjut kita kirim ke Litbangkes dan Lab swasta untuk mendeteksi apakah sudah ada varian baru atau tidak," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta Widyastuti kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (7/4/2022).

Widyastuti menekankan tidak ada perbedaan terkait tracing, testing, treatment atau 3T. Hanya saja Dinkes DKI menyesuaikan regulasi Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 terkait pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

"Kami untuk yang tracingnya sih sama tetapi kita tentu mengikuti juga regulasi di tingkat pusat seperti halnya sudah dikeluarkan SE dari Satgas tanggal 5 April dimana untuk PPLN yang dilakukan entry test adalah apabila menunjukkan gejala. Apabila vaksinnya sudah lengkap itu tidak perlu karantina. Apabila suhunya diatas 37 derajat baru dilakukan entry test," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi (Dinkes) DKI Jakarta, Dwi Oktavia memaparkan, berdasarkan data Rabu (6/4) Dinkes DKI mencatat jumlah kasus aktif di Jakarta hari ini naik sejumlah 217 kasus.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"Sehingga jumlah kasus aktif kini sebanyak 5.455 (orang yang masih dirawat/isolasi)," kata Dwi dalam keterangannya.

"Kami turut mengimbau agar masyarakat juga mewaspadai penularan Varian Omicron. Upaya 3T terus digalakan, selain vaksinasi COVID-19 yang juga masih berlangsung dengan cakupan yang lebih luas," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini