Share

Jokowi Ungkap Candi Kedaton Jambi sebagai Pusat Pendidikan di Asia pada Abad Ketujuh

Antara, · Kamis 07 April 2022 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 07 337 2574996 jokowi-ungkap-candi-kedaton-jambi-sebagai-pusat-pendidikan-di-asia-pada-abad-ketujuh-bRztucxs9Z.jpg Jokowi kunjungi Candi Kedaton di Jambi (Foto: BPMI)

JAMBI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Candi Kedaton di Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muaro Jambi, Provinsi Jambi, pada Kamis (7/4/2022).

Di kompleks candi tersebut, Kepala Negara mencermati teknologi pembangunan candi pada masa lalu, yang tidak menggunakan semen sebagai perekat bata.

"Kalau kita melihat, begitu kita masuk, yang ada adalah tumpukan tumpukan bata yang sudah lebih dari 1.000 tahun, karena ini adalah (dari) abad ke-7," kata Jokowi.

Presiden mengungkapkan bahwa Kawasan Cagar Budaya Nasional Muaro Jambi pada masa lalu merupakan pusat pendidikan terbesar di Asia, tempat pendidikan teologi, kedokteran dan obat obatan, filsafat, serta arsitektur dan seni berkembang.

Baca juga: Keraton Majapahit di Desa Kedaton atau Sentonorejo Trowulan?

"Artinya apa, peradaban kita saat itu sudah meng-internasional dan terbuka. Ini lah yang sejarah yang perlu kita lestarikan, agar jejak-jejak peradaban kita di bidang pendidikan utamanya, bisa kita ketahui," katanya.

Presiden menyampaikan bahwa pemerintah berencana merestorasi Kawasan Cagar Budaya Nasional Muaro Jambi yang luasnya 3.980 hektare.

Baca juga: Salurkan BLT Minyak Goreng di Jambi, Jokowi: Harus Selesai Sebelum Lebaran

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(fkh)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini