Share

Satgas Covid-19: Masyarakat Diimbau Vaksinasi Booster 2 Minggu Sebelum Mudik

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 05 April 2022 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 05 337 2573835 satgas-covid-19-masyarakat-diimbau-vaksinasi-booster-2-minggu-sebelum-mudik-81WzEanrtx.jpg Jubir Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito (Foto: Satgas Covid-19)

JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengimbau masyarakat agar melakukan vaksinasi dosis lengkap atau booster sekurang-kurangnya dua minggu sebelum mudik Lebaran 2022.

“Dihimbau kepada masyarakat untuk segera memenuhi dosis vaksinasi lengkap maupun booster sekurang-kurangnya dua minggu khususnya sebelum menjalankan kegiatan sosial berskala besar seperti mudik,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito saat Konferensi Pers secara virtual, Selasa (5/4/2022).

Pasalnya, Wiku menegaskan bahwa setelah di vaksin imunitas tidak bisa serta-merta terbentuk secara instan. “Para ahli imunologi sepakat bahwa proses pembentukan antibodi dalam tubuh rata-rata memakan waktu 1 sampai 2 minggu setelah penyuntikan.”

Pada prinsipnya, kata Wiku, secara patologis masing-masing tubuh manusia memiliki respon yang berbeda dalam membentuk kekebalan atau antibodi. “Fakta ini menjadi semangat kita untuk segera di vaksin dosis penuh dan booster untuk semakin siap beraktivitas secara optimal,” katanya.

Wiku pun meminta setiap pelaku perjalanan dapat bersikap jujur yaitu dengan tidak bepergian jika sakit, disiplin mematuhi aturan yang ditetapkan penyedia jasa layanan transportasi, dan menunjukkan dokumen perjalanan yang benar dan resmi.

“Masyarakat kami minta agar selalu dan terus menerus patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan,” paparnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(kha)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini