Share

Pemerintah Pastikan Pemudik Akan Diperiksa Acak Status Vaksinasi Covid-19

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 05 April 2022 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 05 337 2573783 pemerintah-pastikan-pemudik-akan-diperiksa-acak-status-vaksinasi-covid-19-CtVKRMDdaO.jpg Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Wiku Adisasmita (foto: dok Satgas Covid-19)

JAKARTA - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menegaskan, bahwa pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi akan diperiksa secara acak status vaksinasi Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi.

“Nantinya akan diterapkan upaya pemeriksaan acak di beberapa titik strategis untuk menscreening pelaku perjalanan yang menggunakan kendaraan pribadi,” kata Wiku dalam Konferensi Pers secara virtual, Selasa (5/4/2022).

BACA JUGA:Nekat Pulang Kampung tapi Belum Booster, Pemudik Akan Diturunkan 

Wiku menegaskan, pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan pelaku perjalanan untuk bepergian.

“Pemeriksaan akan dilakukan pada data yang tertera berdasarkan riwayat tertular maupun vaksinasi di dalam PeduliLindungi yang menunjukkan status kelayakan untuk bepergian,” tuturnya.

 BACA JUGA:Terminal Lebak Bulus Mulai Perketat Pengawasan kepada Pemudik

Sementara itu, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi Covid-19.

Berikut aturan lengkap pelaku perjalanan orang dalam negeri:

Vaksin booster:

- Tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Follow Berita Okezone di Google News

Vaksin dua kali:

- Wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau,

- Hasil negatif tes RT PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Vaksin satu kali:

- Wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Aturan Mudik di Wilayah Aglomerasi:

Khusus perjalanan rutin dengan moda transportasi darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, dan kereta api dalam satu wilayah/kawasan aglomerasi perkotaan dikecualikan dari persyaratan perjalanan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini